Berita dari Jajaran Kodim Karangasem, Tabanan dan Jembrana



Dandim Karangasem Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

BM-NEWS.COM ll AMBLAPURA l  Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa menyerahkan bantuan berupa kasur (spring bed) ukuran 200 cm x 120 cm kepada I Made Ledang warga penyandang disabilitas yang beralamat di Banjar Bingin, Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pada Kamis, (10/6).

Bantuan kasur (spring bed) yang diberikan kepada yang bersangkutan tersebut merupakan bantuan dari Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang di serahkan melalui Dandim 1623/Karangasem.

Pada kesempatan tersebut tidak hanya kasur yang diserahkan Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, tetapi juga kelengkapan lain yaitu seprai, bantal dan guling.

"Karena yang bersangkutan juga adalah seorang tukang cukur, untuk mendukung pekerjaannya, kita juga menyerahkan 1 set alat cukur kepada saudara I Made Ledang," sebut Dandim. 

Sementara I Made Ledang, pria kelahiran Desa Datah 46 tahun lalu, dengan kondisi yang dialami serta bekerja sebagai tukang cukur, sebelumnya sempat viral di dunia maya facebook (FB), terlihat dari raut wajahnya merasa senang, dimana saat ini sudah bisa tidur nyenyak dan bekerja secara maksimal karena sudah menerima bantuan dari Pangdam IX/Udayana yang diberikan oleh Dandim 1623/Karangasem.

Sambil tersenyum usai menerima bantuan, I Made Ledang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam IX/Udayana dan Dandim 1623/Karangasem atas bantuan yang diberikan berupa kasur (spring bed) dan juga 1 set alat cukur. 

"Dengan adanya bantuan  ini pastinya ke depan kami bisa tidur lebih nyenyak dan juga bekerja lebih maksimal", tuturnya dengan senang. 


Hadir mendampingi Dandim pada  penyerahan bantuan tersebut  Kasdim 1623/Karangasem Mayor Inf Puji Wiliyono, Danramil 1623-02/Abang, Kapten Inf I Wayan Suatma, Pjs Pasi Logistik Kapten Inf Arif Budi Santoso serta dari Kawil Banjar Bingin Desa Datah, Nyoman Merta.(tra).

Kodim Tabanan Gelar Donor Darah  Bagi PMI Dimasa Pandemi



BM-NEWS.COM ll TABANAN l Di masa Pandemi COVID-19 ketersediaan darah di PMI Tabanan sangat minim. sehingga PMI kesulitan menyediakan darah untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Kodim 1619/Tabanan memberikan atensi terhadap kondisi ini untuk membantu serta mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan dengan menggelar kegiatan donor darah di Makodim 1619/Tabanan,Rabu (9/6) kemarin.

Kegiatan donor darah yang melibatkan perwakilan anggota militer dan PNS di Jajaran Kodim 1619/Tabanan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang sekaligus mendonorkan darahnya kepada PMI yang kemudian dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya. 

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menerangkan kegiatan donor darah yang digelar oleh Jajaran Kodim 1619/Tabanan bersama PMI Tabanan tersebut rutin digelar dalam rangka mendukung ketersediaan darah di PMI Tabanan terlebih di masa Pandemi COVID-19 ini kebutuhan darah cukup tinggi sedangkan pendonornya masih minim"ungkapnya

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa Kodim 1619/Tabanan bersama jajaran berusaha semaksimal mungkin membantu PMI di dalam menyediakan darah kepada masyarakat yang membutuhkan dengan menggelar kegiatan donor darah baik bersifat rutin maupun permintaan langsung melalui satuan ataupun orang per orang personel yang ada di lapangan seperti Babinsa yang tersebar di tiap desa.

Menurut Dandim kegiatan donor darah tersebut terkadang terkendala dengan kegiatan personel yang padat, di samping itu tidak semua personel yang mendaftarkan diri sebagai pendonor dapat lolos sesuai persyaratan kesehatan karena  dalam pemeriksan ada terkendala seperti hipertensi, HB tinggi, masih dalam pengobatan atau juga ada yang waktu donornya belum memenuhi syarat. 

Untuk donor darah kali ini yang mendaftarkan diri sebagai pendonor sebanyak 34 orang namun yang bisa diambil darahnya hanya 24 orang, jadi hanya sekitar 70,5 persen saja yang lolos untuk diambil darahnya. 

"Kita berharap kegiatan serupa akan diadakan lagi pada waktu-waktu mendatang untuk membantu PMI mendukung ketersediaan darah," pungkasnya. 

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan oleh PMI Tabanan dipimpin oleh dr I Made Wida Prasetya dengan 5 orang tenaga medis.dengan hasil 24 kantong darah dengan rincian golongan darah O sebanyak 13 kantong, golongan  darah A  sebanyak 6 kantong, golongan darah sebanyak 4 kantong dan golongan  darah AB  hanya 1 kantong.(tra,).

Warga Gilimanuk Digegerkan Adanya Perusakan Puluhan Batu Nisan



BM-NEWS.COM ll JEMBRANA l Adanya perusakanpuluhan batu nisan dan papan nama di Kuburkan Muslim serta Kuburan Kristen yang dilakukan oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) menggegerkan warga lingkungan Arum Barat, Kelurahan Gilimanuk.

Warga yang dibuat resah akibat ulah ODGJ tersebut akhirnya melaporkan kejadian perusakan batu nisan dan papan nama kepada Kasi Trantib Kelurahan Gilimanuk. Mendapat laporan dari warga, Kasi Trantib kelurahan Gilimanuk Hendro Rapianto Wibowo S.I.P., langsung menginformasikan kejadian tersebut kepada Babinsa setempat, Serda I Gede Sudania, Senin (7/6) lusa.

Mengetahui adanya informasi tersebut tanpa berpikir panjang Babinsa Gilimanuk Serda I Gede Sudania segera menuju Kuburan Muslim dan Kuburan Kristen untuk memastikan kebenaran adanya perusakan batu nisan tersebut oleh ODGJ. Didampingi oleh Kasi Trantib Gilimanuk Serda Gede Sudania melakukan pencarian untuk mengamankan ODGJ yang dimaksud. 

Setelah melakukan pencarian akhirnya menemukan ODGJ tersebut di sebuah Kuburan Hindu (Setra) Gilimanuk. Saat melihat ODGJ sedang duduk menyendiri timbul rasa iba sehingga dirinya memberanikan diri mendekati untuk berkomunikasi. Babinsa Serda I Gede Sudania berhasil mengamankan ODGJ tersebut.

"Saya pribadi merasa sangat iba melihat kondisinya sehingga memberanikan diri untuk komunikasi dan menawarkan makan karena kami melihat orang tersebut sangat lapar. Saya pun langsung membelikan nasi dan air minum di warung terdekat", ungkapnya

Setelah berhasil diamankan, ODGJ yang diketahui bernama l Ketut Suardan alias Areng warga Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo akhirnya diserahkan kepada Satpol PP Kabupaten Jembrana. Pihak Satpol PP Jembrana membawa I Ketut Suarda alias Areng untuk diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Jembrana. (tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak