Giat Korem 163 Wira Satya, Koramil Selemadeg Tabanan dan Kodim Klungkung


Danrem Ingatkan Agar Tidak Jenuh Tingkatkan Displin Prokes

BM-NEWS.COM | DENPASAR || Selain membagikan masker dan alat tes rapid antigen, Danrem 163/ Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., yang hadir bersama Sekretaris Satgas COVID-19 Provinsi Bali, Made Rentin, memberi semangat anggota Satgas COVID-19 Kelurahan Sesetan, saat mengujungi Posko Terpadu Desa Tangguh di Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, Kamis (18/2).

Selain Kota Denpasar, Danrem menyebut pendisiplinan PPKM Mikro dan Posko Terpadu perlu dilakukan di Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar dan Bangli. Itu karena tambahan kasus baru perhari di lima daerah tersebut cukup tinggi.

"Di Sesetan sudah memenuhi kriteria pusat (Penerapan PPKM Mikro dan Posko Terpadu). Kita harapkan bisa jalan dengan baik dan mampu menekan terjadinya tambahan kasus positif", terangnya di sela kunjungan.

Dikatakan lagi,  tidak lepas dari tujuan utama yakni memperbaiki perekonomian Bali yang melesu akibat Pademi COVID-19.  Pada saat yang sama, menyelamatkan masyarakat Bali dari penularan COVID-19.  Maka Danrem mengingatkan agar masyarakat tidak jenuh meningkatkan kedisplinan Prokes dalam berbagai aktifitas.

Motivasi itu diapresiasi Lurah Sesetan Ni Made Sri Karyawati. Dia menyebutkan, sebagai wilayah dengan jumlah paling banyak di Denpasar yakni 27.733 jiwa, pihaknya berupaya lebih efektif dalam menekan penularan COVID-19 di Sesetan.  Selama ini pihaknya berupaya selalu menjaga komunikasi antar unsur Satgas di Keluharan Sesetan. Mulai dari Kelian Adat dan Kepala Lingkungan hingga jenjang Kecamatan.

"Kami berupaya mengedepankan spirit gotong royong. Syukurlah saat ini penularan Covid-19 di Sesetan terbilang terkendali. Data terbaru, Kamis (18/02) kasus positif di Kelurahan Sesetan bertambah 8.  Sedangkan warga yang masih menjalani perawatan 38 jiwa. Saat ini kasus positif disumbang 14 lingkungan di Keluharan Sesetan", terangnya. (**tra).


HUT Ke 60, Korem 163 Wira Satya Gelar “Penjamasan Duaja”

BM-NEWS.COM | DENPASAR || Penjamasan atau penyucian Duaja Korem 163/Wira Satya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 60 Tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya di Pura Gunung Kawi, Tampaksiring, Gianyar, kini keluarga besar Korem 163/Wira Satya melaksanakan upacara Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya, di Pura Ksatria Raksa Bhuwana, Makorem 163/Wira Satya, Denpasar Kamis (18/2) .

Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., menghadiri langsung acara penjamasan tersebut didampingi Para Perwira Staf dan juga Anggota Makorem. Sementara prosesi acara penjamasan dipimpin oleh Pinandita Jero Mangku Wirawan yang merupakan Pinandita atau Pemangku Pura Gunung Kawi, Tampaksiring.

Danrem 163/Wira Satya mengatakan, Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 60 Tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya karena situasi Pandemi COVID-19 dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, termasuk kegiatan di tempat ibadah keagamaan yang juga melakukan pembatasan maka penjamasan dilangsungkan di Pura Ksatria Raksa Bhuawana.

“Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya tidaklah semata-mata hanya sebagai kegiatan tradisi atau rangkaian seremonial saja. Namun terkandung makna dan tujuan menyucikan Duaja Korem 163/Wira Satya itu sendiri dengan memohon bimbingan dan petunjuk serta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa, “ujar Danrem.

Kapenrem 163/Wira Satya Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia, S.S mengatakan Danrem mengharapkan  agar seluruh Prajurit Korem 163/Wira Satya senantiasa diberikan kekuatan, keselamatan serta pemikiran yang baik dan suci agar mampu memikul tugas demi mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan tulus ikhlas tanpa pamrih. “Khususnya dalam pengabdian di wilayah tugas dan tanggung jawab satuan ini, yang meliputi wilayah Provinsi Bali,”ungkapnya.

Kapenrem Mayor Bagus menjelaskan, hal ini juga sangat selaras dengan pengabdian yang dilakukan satuan ini dalam rangka menjaga sinergitas, stabilitas dan kondusifitas keamanan Pulau Dewata Bali termasuk mendukung pembangunan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Bali. “Pelaksanaan Upacara Penjamasan Duaja Korem 163/Wira Satya tentunya akan semakin memantapkan semangat pengabdian satuan ini bagi masyarakat Bali,”paparnya.

Dijelaskannya, rangkaian Upacara Penjamasan dan persembahyangan dipimpin Pinandita Pura Gunung Kawi Jero Mangku Ketut Wirawan yang saat ini secara khusus dihadirkan ke Makorem dan diikuti secara ikhmad oleh seluruh personel yang mengikuti prosesi upacara tersebut.

“Merunut sejarahnya, penamaan Duaja Korem 163/Wira Satya mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri/Panglima Angkatan Darat Nomor: Kep-385/5/1966 tertanggal 20 Mei 1966, yang merupakan referensi atau dasar disahkannya Duaja Korem 163/Bali dengan nama “Wira Satya”. Sehingga sejak saat itu sebutan Korem 163/Bali berubah menjadi Korem 163/Wira Satya,”cerita Kapenrem Mayor Bagus.

Kapenrem Mayor Bagus menjelaskan lagi, Duaja Korem 163/Wira Satya menggunakan lambang “Marakata” yaitu Penguasa atau Raja Bali yang tempat pemujaannya di Pura Gunung Kawi yang sangat  disucikan keberadaannya. Prabu Marakata merupakan Putra Mahkota Raja Udayana sebagai seorang figur pemimpin yang terkenal pada zaman kerajaan terdahulu, baik di Bali maupun di Nusa Tenggara.

“Dengan memahami dan meneladani kepemimpinan Prabu Marakata, selaku pewaris tahta Raja Udayana, diharapkan seluruh Prajurit Korem 163/Wira Satya memiliki semangat juang, jiwa ksatria, waspada dan bijaksana, sehingga persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Bali yang selama ini terpelihara dengan baik dapat dipertahankan sampai kapan pun,”katanya.

Tambah Kapenrem Mayor Bagus, di era saat ini sifat-sifat keteladanan tersebut diwujudkan dengan berbagai bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat untuk selalu bersinergi dalam mengisi pembangunan. Jalinan sinergitas yang telah berjalan baik selama ini harus terus dipelihara, dijaga dan ditingkatkan.

“Sinergi dan kemanunggalan yang saat ini paling dirasakan adalah bagaimana Korem 163/Wira Satya bersama pemerintah, instansi terkait dan juga masyarakat untuk bersama-sama berperan menangani Pandemi COVID-19, dengan harapan dan doa kita semoga pandemi ini cepat berlalu, Bali bebas COVID-19, ekonomi bangkit dan kehidupan masyarakat kembali berjalan normal,"pungkas Kapenrem. (**tra).


Koramil Selemadeg Beri Bantuan Sembako Bagi Warga Miskin

BM-NEWS.COM |TABANAN || Membantu sesama yang sedang membutuhkan adalah kewajiban sebagai makhluk sosial, apalagi di masa Pandemi COVID-19 sekarang ini ekonomi masyarakat terutama yang kurang mampu dirasakan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Koramil yang mewilayahi teritorial 3 Kecamatan tersebut yaitu Selemadeg Barat, Selemadeg dan Selemadeg Timur melakukan upaya untuk memberi bantuan sembako bagi warga miskin, di Makoramil  kamis (18/2).

Danramil 1619-02/Selemadeg Kapten Inf I Made Sudircana merasa berempati melihat kondisi saat ini terhadap warga kurang mampu di wilayahnya sehingga berupaya untuk mengajak para dermawan untuk ikut mengulurkan tangan dan memberikan bantuan untuk mengurangi beban hidup saudara-saudara kita yang kurang mampu.

“Kami bersama personel Koramil 1619-02/Selemadeg akan berupaya membantu warga ang kurang mampu dengan mengajak dermawan yang siap mengulurkan tangan di masa pandemi ini untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan,”katanya.

Ia juga mengatakan telah menyalurkan bantuan kepada warga di beberapa desa di wilayahnya yaitu berupa paket sembako berisi beras 10 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 bungkus, dibagikan kepada warga di wilayah Kecamatan Selemadeg Timur dan Selemadeg yang akan dilanjutkan ke wilayah Selemadeg Barat berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Aparat Desa atau Dusun dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas.

“Detailnya penyaluran Sembako dibagikan kepada warga di wilayah Kecamatan  Selemadeg Timur dan Selemadeg diantaranya 3 orang di Dusun Pondok Mekar, Desa Tangguntiti. Di Kecamatan Selemadeg, 2 orang di Dusun Cepaka dan Nyatnyatan, Desa Gadung Sari, Sehari sebelumnya juga telah disalurkan kepada dua (2) warga kurang mampu di Desa Selemadeg yang didampingi langsung Perbekel Selemadeg dan akan dilanjutkan ke wilayah Selemadeg Barat,”paparnya.

Ditambahkannya pemberian bantuan sembako ini memang bukan bantuan yang bersifat umum karena itu pastinya tidak bisa memenuhi sebagian besar warga yang membutuhkan, akan tetapi sasaran penerima telah diseleksi karena jumlah bantuan yang tidak memadai.

“Dalam kesempatan ini kami sekaligus memberikan penyuluhan atau memyampaikan himbauan tentang pentingnya disiplin Prokes bagi masyarakat dan cara hidup sehat untuk meningkatkan imun agar bisa terhindar dari penularan virus  Covid-19,”pungkasnya. (tra).



 Program Sumbangsih Wastafel Kodam Terus Bergulir

BM-NEWS.COM |SEMARAPURA || Program Sumbangsih Komando Daerah Militer IX/Udayana yang dikoordinir oleh Korem 163/Wira Satya terkait pengadaan tempat cuci tangan atau wastafel yang pendistribusiannya dilakukan oleh Kodim Jajaran Korem 163/Wira Satya terus bergulir dalam rangka mendukung penerapan protokol kesehatan (Prokes) 3M. Pemberian bantuan tempat pencuci tangan atau wastafel tersebut dalam pemasangannya dikerjakan oleh Babisa Desa Kampung Toyapakeh dan Babinsa Desa Suana bersama warga setempat, Kamis (18/2) kemarin.

Salah satunya yaitu dengan membudayakan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir guna penanganan pencegahan penyebaran Virus COVID-19.  Seperti yang dilakukan oleh Jajaran Kodim 1610/Klungkung yaitu Koramil 1610-02/Nusa Penida dengan menyerahkan bantuan berupa tempat cuci tangan atau wastafel di dua tempat ibadah berbeda di wilayah Nusa. Penida, yaitu di Masjid Al-Imron yang terletak di Desa Kampung Toya Pakeh dan di Pura Goa Giri, Desa Suana.

Dandim 1610/Klungkung Letnan Kolonel Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M.Tr.,(Han) menyampaikan pendistribusian dan pemasangan wastafel ini merupakan Program Sumbangsih Kodam IX/Udayana Untuk Bali Tercinta yang sudah dilaunching sejak tanggal 23 Desember 2020 lalu.

"Bantuan wastafel ini sebagai langkah mendukung pelaksanaan tatanan kehidupan era baru dalam menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman), guna mencegah penyebaran COVID-19", sebut Letkol Paulus.

Lanjutnya, kegiatan ini juga dirangkai dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 60 Korem 163/Wira Satya yang puncak peringatannya jatuh pada tanggal 24 Februari 2021 mendatang.

Sementara itu Wadanramil 1610-02/Nusa Penida Lettu Inf I Made Purwadi, S.H., berharap bantuan ini nantinya bermanfaat bagi warga Desa Kampung Toya Pakeh dan warga Desa Suana, khususnya yang akan melaksanakan kegiatan ibadah yang mana mengharuskan kita mengimplementasikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19

Ketua Takmir Masjid Muhammad Juhaeni dan Bendesa Karangsari I Wayan Wiranata yang mewakili warganya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan tersebut. semoga dengan bantuan tempat cuci tangan ini warga kami makin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran COVID-19 di wilayah Kecamatan Nusa Penida. (tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak