Info Denpasar Seputar Giat Desa, K3S, Jamnas dan Update Covid 19

Desa Pemecutan Klod Lakukan Penyemprotan Disinfektan

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Terkait terjadinya kenaikan kasus penyebaran Covid-19 di Kota Denpasar dalam beberapa bulan terakhir, Desa Pemecutan Kelod melaksanakan penyemprotan desinfektaan di beberapa wilayah di desa setempat, Jumat (5/8).


Perbekel Desa Pemecutan Klod, I Wayan Tantra  saat dikonfirmasi mengatakan penyemprotan kali ini dilaksanakan di beberapa wilayah di Desa Pemecutan Klod seperti di kawasan Jalan Imam Bonjol, Jalan Pulau Roon, Gg. Dewa, Gg. Rahayu, Gg. Air Mancur, Gg. Air Mancur III, dan Jalan Gunung Kalimutu. 

“Penyemprotan desinfektan digencarkan mengingat akhir-akhir ini adanya lonjakan kasus covid-19 di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya sepanjang penyemprotan desinfektan, pihaknya juga melaksanakan edukasi serta memberi informasi kepada masyarakat agar tetap melakukan protokol kesehatan.

“Kami berharap dengan dilaksanakan penyemprotan ini dapat membantu masyarakat serta pemerintah dalam mencegah dan meminimalisir angka penyebaran serta penularan virus covid-19 di Kota Denpasar dan khususnya di Desa Pemecutan Klod.

Diingatkan juga kepada masyarakat agar tidak lengah, tetap taati aturan prokes seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta tetap menjaga jarak sehingga kita semua terbebas dari penularan covid-19,” pungkas Wayan Tantra. (hms/tra).

Kembali Kunjungi Lansia, K3S Denpasar Serahkan Kursi Roda

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar kembali mengunjungi lansia yang membutuhkan bantuan alat kesehatan.

Bersama donatur dari pihak Mitra Prodin dan Pertamina, Wakil Ketua K3S Denpasar menyerahkan bantuan kursi roda kepada lima lansia yang membutuhkan bantuan,  di Kecamatan Denpasar Timur dan Kecamatan Denpasar Barat, Jumat (5/8)

Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana dan Ketua Gatriwara Denpasar, Ny. Purnawati Ngurah Gede. 

Kediaman lansia Yulitha Matthys di lingkungan Desa Tegal Harum menjadi kunjungan pertama K3S bersama Dinas Sosial Denpasar, para donatur serta aparatur desa setempat. 

Kehadiran rombongan disambut Yulitha Matthys yang tampak sedang duduk di kursi roda. "Terima kasih atas bantuan yang diserahkan kali ini oleh K3S, Dinas Sosial dan pihak donatur, bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk beraktivitas di rumah," ujarnya. 

Kunjungan dilanjutkan di kediaman lansia Ni Nyoman Mami, dan berlanjut di kediaman lansia Muhamad Tohir, di kediaman lansia Ni Wayan Superti lingkungan Laplap Penatih Dangin Puri dan berrakhir di kediaman lansia I Gusti Putu Aryadana di Banjar Padangsambian Kelod.

Wakil Ketua K3S Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa disela-sela penyerahan bantuan memberikan semangat kepada para lansia dan keluarga untuk selalu menjaga kesehatan, terlebih dalam siatuasi pandemi saat ini. 

Menurut Ny. Ayu Kristi bantuan yang diserahkan ini tidak terlepas dari peran serta pihak donatur untuk bersama-sama Pemkot Denpasar menangani permasalahan sosial. Disamping itu program sosial ini juga atas sinergitas bersama OPD Pemkot Denpasar. 

"Dibawah kepemimpinan Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara melaksanakan sinergitas bersama dalam kegiatan sosial yang sangat dibutuhkan dalam penanganan permasalahan sosial di Kota Denpasar," ujarnya.

Untuk diketahui  bahwa program ini adalah salah satu  implementasi dari layanan 'POBIA' POJOK KEBAIKAN Dinas Sosial Kota Denpasar.

 "POBIA" Merupakan inovasi sederhana yang dirancang dalam rangka mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator, yakni dengan spirit VASUDHAIVA KUTUMBAKAM memberikan kemudahan akses layanan bagi masyarakat dengan menyatukan dan mengintegrasikan semua layanan sosial dalam suatu wadah  "POBIA" Pojok Kebaikan.

Melalui penyerahan bantuan kursi roda ini dapat bermanfaat dalam mengisi hari di rumah maupun melakukan aktifitas pengecekan kesehatan. 

"Kursi roda dapat digunakan untuk beraktivitas seperti berjemur di rumah, sembari melakukan aktivitas lainnya," ujar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa. (hms/tra).

Wawali Lepas Kontingen Kwarcab Ikuti Jambore Nasional Pramuka 

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Denpasar melepas Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Denpasar yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke- 11 Tahun 2022 di Cibubur Jakarta. Pelepasan Kontingen dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Denpasar, Jumat (5/7). 


Ket.Foto : Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa Melepas Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Denpasar yang akan mengikuti Jambore Nasional Pramuka ke- 11 Tahun 2022 pada Jumat (5/7).

Sebanyak total 16 Peserta Jamnas dilepas secara langsung Wawali Arya Wibawa ditandai dengan simbolisasi pemakaian jaket. Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa membacakan sambutan Walikota Denpasar sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka Kota Denpasar mengatakan dalam membina kaum muda sangatlah besar tantangannya.

Maka Gerakan Pramuka memerlukan calon pemimpin yang berkomitmen tinggi, memiliki rasa patriotisme dan ikhlas mengabdikan diri demi kepentingan Bangsa dan Negara. Tidak heran, sekarang ini banyak pihak menyadari kembali betapa pentingnya Pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembinaan kaum muda. 

Namun demikian tantangan dalam membina kaum muda kedepan masih besar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat ini.

Bukan hanya itu, kendala dan masalah yang di hadapi kaum muda sangatlah besar dengan masih ditemukannya berbagai masalah sosial dan mulai menurunnya semangat kebangsaan, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa serta minimnya tekad bela negara dikalangan kaum muda. 

"Untuk itulah melalui Jambore Nasional ini diharapkan mengembalikan jati diri kaum muda Indonesia . Adik-adik peserta Jambore yang sangat saya cintai, tidak sembarang orang dapat mengikuti kegiatan Nasional seperti yang akan adik-adik ikuti nanti di Cibubur Jakarta.

Adik-adik akan bertemu dengan saudara kita dari Sabang-Merauke, ini merupakan kesempatan baik untuk mempererat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa namun dengan tetap menjaga protokol Kesehatan," kata Agus Arya Wibawa. 

Sudah saatnya bangkit kembali dengan semboyan “SATU PRAMUKA UNTUK SATU INDONESIA” pemerintah kota akan terus berupaya memberikan perhatian kepada pramuka.

Karena pendidikan kepramukaan sangat penting untuk membentuk karakter bangsa yang handal dimasa depan, sebab pemimpin tidak terbentuk dengan instan tapi melalui proses panjang, ingat pesan saya “TO DAY SCOUT TOMORROW LEADER” 

Akhirnya saya mengucapkan selamat berjambore semoga adik-adik dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan nantinya dapat membagi pengalamannya kepada teman-teman di sekolah serta menjaga nama baik Kwarcab Pramuka Denpasar di tingkat Nasional. 

Dan kepada seluruh tim Pembina saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian kepada Gerakan Pramuka. 

Sementara Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar, I Gusti Lanang Jelantik menjelaskan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke- 11 Tahun 2022 akan dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 

“Peserta Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Denpasar total berjumlah 16 orang terdiri dari 8 peserta putra dan 8 peserta putri dengan didampingi masing- masing 1 orang Pembina Pendamping ditambah 2 orang dari unsur Jambore Service Team (JST) dan PP. Dari 16 orang peserta ini, 3 orang adalah pramuka penggalang  garuda dan 13 orang pramuka penggalang terap. 

Peserta ini merupakan hasil seleksi peserta Jambore Daerah Bali 2021 lalu di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Tabanan.

Sementara pembinaan kontingen Jamnas Denpasar telah dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2022  lalu dan diakhiri dengan pemusatan latihan di Bumi Perkemahan Segara Mantra, Serangan. (esa/tra).

Kasus Sembuh Covid 19 Tambah 57 Orang, Positif 29 Orang

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Meski kasus sembuh terus bertambah, kasus positif Covid-19 masih terjadi. Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar diketahui kasus meninggal dunia bertambah 1 orang.

Kondisi ini dibarengi dengan penambahan kasus sembuh sebanyak 57 orang. Sementara, kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar bertambah sebanyak 29 orang, Jumat (5/8).

Ket foto : Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede  Rai.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 53.371 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 51.856 orang  (97,16 persen), meninggal dunia sebanyak 1.113 orang (2,09 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 402 orang (0,75 persen).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi menjelaskan, saat ini penularan virus covid 19 di Kota Denpasar menunjukkan trend peningkatan, tetapi masih terkendali. Karenanya, diimbau kepada masyarakat agar jangan sampai kendor menerapkan protokol kesehatan. 

"Kondisi  ini harus menjadi perhatian kita bersama, tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, karena jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid akan kembali meningkat.

Sehingga diperlukan kerjasama berbagai pihak serta seluruh lapisan masyarakat, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM," ujar Dewa Rai

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini.

Dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada penerapan PPKM Level 1 Jawa-Bali. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan sub varian baru yang disebut dengan varian Omicron.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.  Hal ini dilaksanakan dengan sosialisasi dan edukasi berkelanjutan.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat, dan vaksinasi  menyasar anak anak usia sekolah 12-17 tahun serta usia 6-11 tahun,  ibu hamil dan disabilitas. Selain itu, Kota Denpasar juga telah memulai pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Tak hanya itu, Satgas Covid-19 Kota Denpasar telah merancang 6 langkah strategis mengatasi lonjakan kasus covid 19, mulai dari peningkatan kapasitas 3 T ( tracing, testing, treatment).

Mengencarkan pelaksanaan vaksinasi termasuk booster, mewajibkan penerapan aplikasi Peduli Lindungi,  Optimalisasi Rumah Sakit Rujukan mulai dari ketersediaan Bad, Oksigen dan Obat obatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19," ajak Dewa Rai   

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Hindari kerumunan,  gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 5M," kata Dewa Rai. (hms/tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak