Info Denpasar Seputar Panen, Update Covid, Monev dan Paskibraka

Distan Denpasar Panen Bawang Merah di Subak Sembung

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Inovasi yang digalakkan Dinas Pertanian Kota Denpasar kembali membuahkan hasil. Kali ini, Pertanian Bawang Merah di Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan kembali sukses melakukan panen. Dimana, hasil panennya pun mencapai 37,79 Ton. 

Ket foto : Panen Bawang Merah  di Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan  oleh Distan Kota Denpasar bersama petani beberapa waktu lalu. 

Kadis Pertanian Kota Denpasar, AA Bayu Brahmasta saat dikonfirmasi menjelaskan, Bawang Merah sebagai komoditi pertanian selain padi sangat cocok dikembangkan di Kota Denpasar. Dimana, hampir seluruh subak yang melaksanakan penanaman bawang merah sukses panen. 

“Kita sudah survei, bahwa lahan atau tanah di Kota Denpasar, selain padi juga sangat baik untuk ditanami bawang merah,” jelasnya 

Lebih lanjut dijelaskan, bawang merah merupakan komoditi yang permintaannya cukup tinggi di pasaran. Sehingga seringkali menjadi pemicu inflasi sebuah daerah.

Melihat permasalahan tersebut, pengembangan pertanian bawang merah di Kota Denpasar ibarat gayung bersambut. Selain untuk mendukung produktifitas petani, juga dapat mendukung terjaganya stabilitas inflasi. 

“Dengan waktu 3-4 bulan sudah panen, memang dapat dikatakan waktu yang singkat, semoga kedepan bawang merah dapat menjadi pilihan dalam pertanian yang menguntungkan,” ujarnya 

Brahmasta menjelaskan, selain di Subak Sembung, pengembangan komoditi bawang merah juga dilakukan di beberapa wilayah. Yakni Subak Mergaya, Kecamatan Denpasar Barat dengan luas lahan sekitar 1 Hektar mampu menghasilkan 15 Ton lebih bawang merah.

Selanjutnya di Subak Kedaton dengan luas lahan sekitar 1 Hektar dapat menghasilkan 14 Ton bawang merah. Dan yang terkahir di Subak Intaran Barat dengan luas lahan 1 Hektar dapat menghasilkan 19 Ton bawang merah. 

“Harapan kami tentu pertanian Kota Denpasar di tengah pesatnya kemajuan zaman dan perkembangan kota dapat terus bersaing dan produktif, sehingga ketahanan pangan dapat terus tercipta,” jelasnya. (HUmasDps).

Kasus Sembuh Covid Bertambah Signifikan, Hingga 67 Orang 

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar kembali mengalami penambahan yang signifikan. Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar  diketahui kasus meninggal dunia nihil penambahan. Kondisi ini dibarengi dengan penambahan kasus sembuh sebanyak 67 orang, pada Kamis (4/8).

Ket foto : Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede  Rai.

Sementara, kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar bertambah sebanyak 49 orang. Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 53.342 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 51.799 orang  (97,10 persen), meninggal dunia sebanyak 1.112 orang (2,09 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 431 orang (0,81 persen).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi menjelaskan, saat ini penularan virus covid 19 di Kota Denpasar menunjukkan trend peningkatan, tetapi masih terkendali. Karenanya, diimbau kepada masyarakat agar jangan sampai kendor menerapkan protokol kesehatan. 

"Kondisi  ini harus menjadi perhatian kita bersama, tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, karena jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid akan kembali meningkat, sehingga diperlukan kerjasama berbagai pihak serta seluruh lapisan masyarakat, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM," ujar Dewa Rai

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada penerapan PPKM Level 1 Jawa-Bali. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan sub varian baru yang disebut dengan varian Omicron.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.  Hal ini dilaksanakan dengan sosialisasi dan edukasi berkelanjutan.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat, dan vaksinasi  menyasar anak anak usia sekolah 12-17 tahun serta usia 6-11 tahun,  ibu hamil dan disabilitas. Selain itu, Kota Denpasar juga telah memulai pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Tak hanya itu, Satgas Covid-19 Kota Denpasar telah merancang 6 langkah strategis mengatasi lonjakan kasus covid 19, mulai dari peningkatan kapasitas 3 T ( tracing, testing, treatment), mengencarkan pelaksanaan vaksinasi termasuk booster, mewajibkan penerapan aplikasi Peduli Lindungi,  Optimalisasi Rumah Sakit Rujukan mulai dari ketersediaan Bad, Oksigen dan Obat obatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19," ajak Dewa Rai   

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Hindari kerumunan,  gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 5M," kata Dewa Rai. (HumasDps).

Dekranasda Denpasar Ajak Perajin Lirik Peluang Pasar Online

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi kembali digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar pada, Kamis (4/8). 

Monev dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa bersama Wakil Ketua Harian Dekranasda Denpasar, Ny. I.A Widnyani Wiradana, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.

Kali ini Dekranasda Denpasar mengunjungi perajin binaan Darmawan Silver dan Kanipara Silver. Ny. Ayu Kristi bersama pengurus dan Anggota Dekranasda Denpasar berkesempatan meninjau langsung ruang kerja kedua perajin binaan, sembari berdiskusi terkait kendala yang dihadapi dalam menjalani proses kreatif hingga produksi. 

"Kehadiran kita dalam pelaksanaan monev ini ingin mengetahui lebih dekat kendala yang dihadapi para perajin binaan, terlebih dalam situasi pandemi saat ini," ujar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa. 

Lebih lanjut disampaikan kegiatan monev rutin digelar atas koordinir Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara serta kegiatan bersinergi dengan Disperindag Kota Denpasar,

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Denpasar, serta OPD terkait lainnya untuk bersama-sama berdiskusi melaksanakan inovasi dalam promosi dan pengembangan produk. 

Saat ini teknologi informasi telah berkembang pesat, sehingga dalam monev ini juga dilakukan pembahasan bersama perajin binaan untuk melihat peluang di ruang penjualan online.

 Tentu dalam langkah ini Disperindag Denpasar bersama Dekranasda Denpasar juga telah melaksanakan pelatihan media promosi pemasaran digital yang bekerjasama dengan salah satu aplikasi pemesanan online. 

Disamping itu pihaknya juga melaksanakan pameran Gelar Produk Potensial dilaksanakan untuk memberikan jangkauan pemasaran yang lebih luas kepada pelaku-pelaku industri kerajinan setelah selama dua tahun belakangan ini merasakan dampak dari pandemi covid-19.

 "Upaya untuk tetap bertahan untuk kelangsungan usaha telah dilakukan melalui pemasaran secara online, dan tentunya berpameran secara ofline tetap dibutuhkan karena secara langsung dapat bertukar informasi maupun bernegosiasi apakah hasil karya tersebut diterima atau mendapatkan apresiasi pasar," ujarnya. 

Sementara Putu Gede Darmawan salah satu perajin dari Darmawan Silver menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dekranasda dan Pemkot Denpasar yang telah hadir melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk melakukan pembahasan bersama mencari ide untuk kemajuan perajin Denpasar. 

Ia menyampaikan dalam situasi pandemi saat ini pihaknya masih tetap dapat memproduksi dan ekspor kerajinan perak berupa aksesoris. Meski harus merubah sistem kerja karena ada pembatasan produksi, namun masih tetap melakukan inovasi dan kreatifitas produk.

 "Terima kasih kepada Dekranasda dan Pemkot Denpasar yang telah melibatkan perajin dalam setiap kesempatan untuk mempromosikan produk, terlebih kami juga telah terlibat dalam promosi Gelar Produk Potensial yang dilaksanakan belum lama ini," ujarnya. (Pur/tra)

Wawali Buka Pelatihan Desa Bahagia Paskibraka 2022

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa  membuka Diklat dan Pelatihan Desa Bahagia Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Denpasar Tahun 2022 yang ditandai dengan penyematan tanda peserta dan pelepasan Burung Dara di Hotel Golden Tulip, Gatot Subroto, pada Kamis (4/8).

Sebanyak 78 orang yang dipilih untuk mengikuti diklat yang dimulai dari hari ini, Kamis (4/8) hingga tanggal 18 Agustus 2022 mendatang. 

Ketua Panitia Camp Paskibraka Kota Denpasar, I Nyoman Mahesa Praba Adhyaksa  mengatakan, hari ini merupakan pembukaan pelatihan anggota Paskibraka Kota Denpasar Tahun 2022.

Dan seluruh peserta ini akan bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendera saat peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun peserta yang dipilih untuk mengikuti pelatihan tahun ini sebanyak 78 orang dengan rincian putra sebanyak 38 orang dan putri sebanyak 40 orang.

"Yang mana seluruh peserta ini dipilih dari perwakilan seluruh sekolah SMA/SMK, baik itu dari sekolah negeri maupun swasta di Kota Denpasar, ujarnya.

"Kami berharap dengan dilakanakannya pelatihan bagi peserta ini selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, juga dapat melatih kemandirian anak karena dalam diklat ini seluruh peserta akan jauh dari keluarga dan melengkapi berbagai keperluannya dengan sendiri," kata Praba Adhyaksa.

Sementara Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam sambutan yang dibacakan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi seluruh anggota Diklat Pelatihan Desa Bahagia Paskibraka Kota Denpasar tahun 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, seperti yang diketahui setiap tanggal 17 Agustus seluruh daerah di Indonesia diwajibkan untuk melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan hari Ulang Tahun ke 77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 kali ini yaitu "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat," ujarnya.

"Kami berharap kepada seluruh anggota Paskibraka dan seluruh generasi muda penerus bangsa, jadilah pemuda yang gemar bekerja keras, kreatif, inovatif dan berbudi luhur agar dapat mencapai kemajuan bersama bagi bangsa dan negara," pungkas Arya Wibawa.

Selebihnya Arya Wibawa mengatakan, untuk anak-anak yang terpilih sebagai anggota Paskibraka ini saya harap dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, disiplin, dan penuh tanggung jawab.

"Saya yakin kalian semua adalah pribadi yang tangguh dan kuat untuk melaksanakan tugas yang mulia ini. (Hms/tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak