Info Denpasar Seputar UKM, Gemas, Update Covid dan Bakti

Sekitar 37 UKM/IKM Binaan  Dekranasda Gelar Pameran 

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l  Sebanyak 37 UKM/IKM binaan Dekranasda Kota Denpasar mengadakan pameran di Pasar Galang Ayu Pemogan dari tanggal 13-28 Agustus 2022. Binaan Dekranasda yang mengikuti pameran terdiri dari kerajinan, makanan olahan dan  fashion. 


Pada saat pembukaan pameran, Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara didampingi Ibu Wakil Walikota Denpasar, Ny Ayu Kristi Arya Wibawa dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ni Nyoman Sri Utari serta Pemilik Pasar Galang Ayu, Putu Gede Budiada melakukan peninjauan dan pengecekan langsung. 

Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan pameran ini untuk memberikan ruang promosi dan pemasaran untuk para IKM/UKM binaan Dekranasda Denpasar. 

“Dengan adanya ruang untuk para binaan  diharapkan mereka dapat pulih  memberikan dampak  pemulihan ekonomi secara makro  pasca pandemi,”ujarnya 


Sementara Putu Gede Budiada, menyampaikan Pasar Galang Ayu akan membantu mempromosikan pameran IKM/UKM binaan Dekranasda. Pameran dilaksanakan dari tanggal 13-28 Agustus 2022. 

“Semoga event ini dapat terus berkelanjutan sebagai upaya untuk membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ujarnya.(hms/tra) 

TP PKK dan BI Perwakilan Bali  Sinergi Dukung Gerakan Nasional PIP

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l  Bank Indonesia  (BI) kini tengah gencar menyuarakan Gerakan Nasional (Gernas) Penanganan Inflasi Pangan (PIP). Gerakan ini nantinya diharapkan secara masif akan menyentuh segala lapisan masyarakat. Salah satu upayanya adalah dalam bentuk sinergitas Gernas PIP yang akan merangkul TP PKK Kota Denpasar. 

Menurut rencana, sinergitas ini akan diwujudkan dalam bentuk penyerahan lebih dari 8000 bibit cabe dari BI kepada TP PKK Kota Denpasar, dimana gerakan ini juga bisa dijadikan sebagai penguatan pangan keluarga. 

Hal ini dibahas dalam audensi antara BI dengan TP PKK Kota Denpasar pada Senin (15/8), di Gedung Wanita Santi Graha Denpasar. 

Hadir saat audensi itu, Istri Wakil Walikota Denpasar yang juga Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa,  Ketua Koordinaator Bidang IV TP PKK Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widyani Wiradana, dan Sekertaris TP PKK Kota Denpasar Nyoman Sri Utari.

Sementara dari pihak BI hadir dalam kesempatan itu Deputi Kepala Perwakilan BI Propinsi Bali Gusti Agung Diah Utari, Deputi Direktur Propinsi Bali Donny H. Heatubun dan Asisten Analis Kantor Perwakilan Propinsi Bali Putu Juana Wiraatmaja. 

Menurut Deputi Kepala Perwakilan BI Propinsi Bali Gusti Agung Diah Utari, Gernas PIP ini diluncurkan oleh BI pada 10 Agustus 2022. 

"Salah satu bentuk mendukung Gernas PIP ini adalah kami ingin bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama sama menggiatkan gerakan ini, tidak terkecuali di level masyakarat terkecil yakni keluarga. Maka kami yakini dengan menggandeng TP PKK, semua elemen masyarakat dapat tersentuh dengan Gernas PIP ini," tutur Diah Utari.

Diah Utari menambahkan, kegiatan pemberian bibit cabe ini nantinya akan menyasar 9 kabupaten / kota di Bali. 

"Selain Kota Denpasar, kami akan juga akan bersinergi dengan kabupaten lainnya di Bali, sehingga Gernas PIP melalui ketahanan pangan akan tercapai," imbuhnya.


Sementara Istri Wakil Walikota sekaligus Ketua GOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menyambut baik rencana sinergitas dalam bentuk pemberian bibit cabe itu. 

"Cabe adalah salah satu komoditi pangan yang harganya sering mengalami kenaikan. Maka dengan rencana pemberian bibit cabe ini tentunya akan menjadi salah satu langkah nyata dalam hal ketahanan pangan bagi masyarakat," ujar Ny. Ayu Kristi

Ketua Koordinaator Bidang IV TP PKK Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana menambahkan pihak TP PKK Kota Denpasar akan mendukung kegiatan ini karena di dalam program kerja PKK ada poin berkaitan dengan ketahanan pangan baik keluarga maupun masyarakat. 

"Nantinya bibit cabe ini akan kami distribusikan kepada lokus yang ada di 4 kecamatan di Denpasar agar langkah ketahanan pangan bisa merata di seluruh TP PKK di Kota Denpasar," ungkap Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.(hms/tra).

Sebanyak 51 Orang Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar kembali bertambah signifikan. Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar pada Senin (15/8) diketahui kasus meninggal dunia bertambah 1 orang. Kondisi ini dibarengi dengan penambahan kasus sembuh sebanyak 51 orang dan kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 23 orang. 


Ket foto : Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede  Rai.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 53.762 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 52.300 orang  (97,28 persen), meninggal dunia sebanyak 1.116 orang (2,08 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 346 orang (0,64 persen).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi menjelaskan, saat ini penularan virus covid 19 di Kota Denpasar menunjukkan trend peningkatan, tetapi masih terkendali. Karenanya, diimbau kepada masyarakat agar jangan sampai kendor menerapkan protokol kesehatan. 

"Kondisi  ini harus menjadi perhatian kita bersama, tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, karena jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid akan kembali meningkat, sehingga diperlukan kerjasama berbagai pihak serta seluruh lapisan masyarakat, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM," ujar Dewa Rai

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada penerapan PPKM Level 1 Jawa-Bali. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan sub varian baru yang disebut dengan varian Omicron.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.  Hal ini dilaksanakan dengan sosialisasi dan edukasi berkelanjutan.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat, dan vaksinasi  menyasar anak anak usia sekolah 12-17 tahun serta usia 6-11 tahun,  ibu hamil dan disabilitas. Selain itu, Kota Denpasar juga telah memulai pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Tak hanya itu, Satgas Covid-19 Kota Denpasar telah merancang 6 langkah strategis mengatasi lonjakan kasus covid 19, mulai dari peningkatan kapasitas 3 T ( tracing, testing, treatment), mengencarkan pelaksanaan vaksinasi termasuk booster, mewajibkan penerapan aplikasi Peduli Lindungi,  Optimalisasi Rumah Sakit Rujukan mulai dari ketersediaan Bad, Oksigen dan Obat obatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19," ajak Dewa Rai   

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Hindari kerumunan,  gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 5M," kata Dewa Rai. (Hms/tra).

Walikota Ngaturang Bhakti di Pura Segara Wukir Gunung Kidul

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara melaksanakan persembahyangan sekaligus melukat di Pura Segara Wukir Gunung Kidul, Yogyakarta, Minggu (14/8) petang. Hal tersebut serangkaian Pujawali yang telah dilaksanakan pada Jumat (12/8) bertepatan dengan Purnama Kedasa. Tampak mendampingi Walikota Jaya Negara, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara.


Ket foto : Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat melaksanakan persembahyangan sekaligus melukat di Pura Segara Wukir Gunung Kidul, Yogyakarta, Minggu (14/8) petang

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, persembahyangan serangkaian pujawali ini merupakan momentum bagi kita bersama untuk meningkatkan sradha dan bhakti sebagai umat Hindu. Tentunya, dengan bhakti ini diharapkan mampu menjaga keharmonisan alam semesta beserta isinya. 

Jaya Negara juga memberikan apresiasi atas semangat Umat Hindu di Kabupaten Gunung Kidul untuk mengempon Pura Segara Wukir. Sehingga penataan serta pelaksanaan yadnya terus berkesinambungan. 

"Tentu harapan kami dengan pelaksanaan pujawali ini dapat menciptakan keharmonisan alam semesta beserta isinya, dan kami memberikan apresiasi atas semangat Umat Hindu di Gunung Kidul, Yogyakarta ini," ujarnya

Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kabupaten Gunung Kidul, Jero Gede Dwija Triman didampingi Ketua PHDI Kabupaten Gunung Kidul, Purwanto saat diwawancarai mengatakan, Tahun 2022 ini menjadi pelaksanaan pujawali atau odalan ketiga dari Pura Segara Wukir,

Pantai Ngobaran, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana, Pura ini pertama kali menggelar pujawai tiga tahun lalu berbarengan dengan pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih.

"Tahun ini odalan dilaksanakan pada 12 Agustus sampai 14 Agustus nyineb. Dipuput oleh 4 sulinggih, tiga dari Bali dan satu dari Jakarta, adapun tingkatan odalan yang dilakukan yakni tingkat alit dengan caru panca sato," ujarnya

Jero Gede Triman menceritakan, dalam perkembangannya, untuk pelaksanaan melasti menjelang Nyepi, umat Hindu di Gunung Kidul melakukannya di Pantai Ngobaran. Terlebih kawasan pantai ini dipercaya sebagai tempat meditasinya Prabu Brawijaya V.

"Selanjutnya, kami mulai mendirikan pura di sini. Dimulai dengan Padmasana pada tahun 2004, Pembangunan pura ini pun sudah mendapat izin dari pihak Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat," tuturnya

Sementara itu, untuk pelinggih di pura ini ada Padmasana, palinggih pemujaan untuk Hyang Baruna, pelinggih pemujaan Nyi Roro Kidul, pelinggih untuk Prabu Brawijaya V, pelinggih Ratu Gede Mecaling, dan pelinggih Semar.

"Semar adalah pamong tanah Jawa. Beliau pengayom hidup dan kami sebagai umat Hindu menghormati leluhur," kata lelaki asli Gunung Kidul ini. (HumasDps).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak