Info Seputar Covid, Kunjungan, Prokes, Penanaman, PPDB dan PDAM Kota Denpasar

Pemkot Denpasar Akan Gelar Test Antigen Dilokasi Keramaian 


BM-NEWS.COM Il DENPASAR l Guna mengoptimalkan dan meningkatkan penanganan covid-19 di Kota Denpasar serta mengantisipasi penyebaran varian baru covid 19, Satgas Penanganan Covid 19 Kota Denpasar akan melakukan test rapid antigen secara acak di beberapa titik keramaian seperti Lapangan Puputan Badung, Taman Kota Lumintang dan pantai Sanur. 

Hal ini sesuai dengan instruksi Walikota Jaya Negara saat rapat digelar  rapat evaluasi terkait  penanganan covid-19 yang dilaksanakan di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (18/6).

Jubir Satgas Penanganan Covid 19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai, ditemui usai rapat mengatakan langkah ini diambil karena melihat kasus covid yang semakin meningkat di daerah lain.

 "Tadi Pak Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara yang didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, menginstruksikan Satgas untuk mengambil langkah strategis dalam penanganan covid 19 mengingat kasus sudah mulai meningkat, jadi jangan sampai lengah sehingga kasus bisa meledak seperti Kudus atau pun di Bangkalan," kata Dewa Rai.

Seperti diketahui di berbagai daerah di luar Bali terutama di Pulau Jawa yang sangat berdekatan dengan Bali kasus meningkat tajam bahkan mulai ditemukan adanya varian baru yakni varian Delta dari India yang daya tularnya sangat cepat.

 "Mulai besok kami akan melakukan test rapid antigen di tempat tempat keramaian sebagai langkah antisipasi peningkatan penyebaran covid 19," katanya.  

Walikota Jaya Negara dalam arahannya meminta untuk seluruh anggota gugus tugas penanganan Covid-19 agar lebih meningkatkan penanganan, pemantauan dan pencegahan virus utamanya pada titik-titik keramaian di Kota Denpasar.

Selebihnya dikatakan Jaya Negara, tes Rapid secara acak ini dilaksanakan terkait melonjaknya kasus penyebaran virus dalam dua hari terkahir sehingga untuk kedepannya agar tidak ada lagi kasus penyebaran virus baik pada klaster keluarga, tempat ibadah, serta klaster-klaster yang lain, pungkasnya. 

Sementara sesuai data dalam dua hari terakhir kasus covid 19 di Denpasar mulai ada peningkatan dan didominasi oleh kasus baru. Sementara BOR atau tingkat keterisian ruang isolasi di RS Wangaya juga mengalami peningkatan. 

Saat ini BOR di RS Wangaya mencapai 17,3 persen. "Saya mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai lengah dan abai dengan prokes, karena virus masih ada di sekitar kita. Jika lengah dan tidak disiplin kasus bisa melonjak lagi," katanya. (tra).


 Walikota Denpasar Terima Kunjungan Bupati Minahasa

 


BM-NEWS.COM Il DENPASAR l Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara ke Pemerintah Kota Denpasar berlangsung. 

Kunjungan sekaligus study banding yang dipimpin Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring ini diterima langsung Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made ToyaJumat (18/6).

Adapun tujuan dalam kunjungan ini dalam rangka study banding guna meningkatkan pelayanan dalam penanganan kasus Covid-19 khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi serta pelaksanaan sistem merit di Kota Denpasar dalam meningkatkan kualitas kerja ASN.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengatakan untuk saat ini Pemkot Denpasar memfokuskan pada penanganan kasus covid19 khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi sehingga semua masyarakat merata mendapatkan pelayanan vaksin, baik itu vaksin tahap pertama maupun yang kedua yang berbasi Desa dan Kelurahan dengan sistem jemput bola.

Lebih lanjut dikatakannya, sementara untuk sistem merit yang diterapkan oleh Pemkot Denpasar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kerja serta perlakuan adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi kepada para ASN yang ada di lingkungan Pemkot Denpasar," kata Jaya Negara.

Sementara Bupati Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar dan khususnya kepada Walikota Jaya Negara telah menerima kunjungan ini dengan hangat. "Kunjungan ini, kami memperoleh strategi-strategi baru yang telah dilaksanakan Pemkot Denpasar khususnya dalam bidang penerapan sistem merit dan penanganan kasus covid-19 hingga pelayanan vaksinasi. Kami ingin belajar banyak bagaimana percepatan cakupan pelaksanaan vaksinasi di Kota Denpasar yang hingga kini sudah mencapai 81 persen lebih," kata Royke. (tra).


Ny. Antari Ajak  Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah 


BM-NEWS.COM Il DENPASAR l Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengunjungi 3 kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yakni di Kelompok P2L Bija Tani Bija Utama, Kelompok P2L Kebun Sarwa Prani dan Kelompok Wanita Tani Karang Abian, Jumat (18/6).  

Dalam kunjungan tersebut Ny. Antari Jaya Negara bersama Ny. Kristi Arya Wibawa juga berkesempatan melaksanakan penanaman  bibit sayur sekaligus memanen sayuran yang sudah siap panen. “Dengan  adanya kelompok P2L masyarakat bisa belajar secara langsung tentang  bercocok tanam yang benar. Masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing untuk menanam berbagai kebutuhan pangan sehari hari seperti sayur, cabai, buah dan lain sebagainya,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Adanya berbagai jenis tanaman kebutuhan pangan di setiap rumah maka bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, serta dapat mengurangi angka stunting di Kota Denpasar. Mengingat penyebab terjadinya stunting adalah kurangnya asupan gizi sejak 1000 hari kehidupan.  Ny. Antari Jaya Negara mengharapkan Ketua kelompok P2L yang mendapatkan bantuan dana APBN bisa mengundang kader PKK yang ada di wilayahnya untuk belajar cara berkebun sesuai dengan program Hatinya PKK.

 Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, AA Bayu Bramasta mengatakan,  kelompok P2L adalah merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan sebagai penghasil pangan oleh Kementerian Pertanian. Dengan kondisi pandemi program ini cukup bagus, karena masing-masing keluarga tahan terhadap kebutuhan pangan. “Walaupun ada pendapatan masyarakat yang berkurang namun kebutuhan pangan mereka masih bisa mandiri,” ungkapnya

Lebih lanjut Bayu Bramasta mengatakan, dengan adanya berbagai kebutuhan pangan secara otomatis dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Kota Denpasar dan mengurangi angka stunting di Denpasar. Ia menambahkan pengembangan bibit sayuran ini juga akan menyasar di luar kelompok dan menyasar daerah stunting.  

Ketua Kelompok P2L Tani Bija Utama I Made Mardiana didampingi Sekretaris Kelompok P2L Tani Bija Utama I Made Surya Permana mengaku sebelum mendapat bantuan APBN kelompok ini sudah ada namun berjalan secara mandiri. Dengan mendapatkan bantuan maka diperuntukkan untuk membuat rumah bibit, pembibitan, penanaman hingga pasca panen. Karena kegiatan ini baru berlangsung awal tahun 2021 sehingga saat ini baru proses penanaman. Mengingat kelompoknya sudah berdiri sebelum bantuan diterima sehingga dalam kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK bersama Istri Wakil Walikota bisa memanen hasil sayur yang telah siap panen.

 Mengingat program ini telah berjalan sehingga diprediksi  panen ditargetkan pada akhir tahun sebanyak 400 kg hingga 500 kg sayur. Hasil panen itu akan dijual untuk keberlangsungan kelompok. “Sedangkan untuk anggota kita memberikan tanaman dalam bentuk polybag. Sehingga setiap pekarangan rumahnya akan ada  sayuran berbentuk polybag  dengan berbagai jenis sayuran. Satu anggota kelompok wajib di rumahnya ada 75 jenis tanaman pangan.” ungkapnya.  (ayu/tra)

Satpol-PP Denpasar Gencarkan Operasi Yustis




Ket. Foto : Operasi yustisi protokol kesehatan Jumat (18/6) pagi, dilaksanakan di sejumlah titikdi Desa Sumerta Kaja, Denpasar Timur, dintaranyantaranya seputaran Traffic Light Jalan Wr. Supratman, Jalan Kenyeri serta Jalan Kecubung.

BM-NEWS.COM Il DENPASAR l Memulihkan sektor yang terdampak oleh pandemi COVID-19 di Kota Denpasar telah ditempuh berbagai langkah strategis oleh Pemkot Denpasar.

Selain menggencarkan program vaksinasi dengan daerah Sanur sebagai Zona Hijau dan diikuti vaksinasi di daerah penyangga nya serta seluruh Desa dan Kelurahan, Pemkot Denpasar juga terus melakukan giat operasi yustisi protokol kesehatan terkait pelaksanaan PPKM berskala mikro.

Seperti pada Jumat (18/6) pagi, giat operasi yustisi kembali dilaksanakan di sejumlah titik. di Desa Sumerta Kaja, Denpasar Timur, diantaranya seputaran Traffic Light Jalan Wr. Supratman, Jalan Kenyeri serta Jalan Kecubung.

Kasatpol - PP Kota Denpasar, I Dewa Anom Sayoga saat dihubungi secara terpisah mengatakan bahwa dalam giat operasi yustisi kali ini tim menjaring sebanyak 22 orang pelanggar pemakaian masker.

"Sebanyak 22 orang ini kami berikan tindakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebanyak 11 orang dikenai denda uang masing-masing sebesar 100 Ribu Rupiah dan dibina secara langsung sebanyak 11 orang. Melalui Operasi Yustisi berkelanjutan ini , kami akan tetap terus mengingatkan masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai abai dan lengah dengan protokol kesehatan,” ujar Anom Sayoga. Selebihnya Sayoga mengingatkan bahwa ketika mobilitas masyarakat meningkat bisanya diikuti dengan peningkatan kasus, oleh karena itu pihaknya mengajak warga masyarakat agar tetap displin menerapkan protokol kesehatan. .(hms/tra).

Walikota Laksanakan Penanaman Pohon di Pantai Mertasari Sanur


BM-NEWS.COM Il DENPASAR l Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara melaksanakan gotong royong kebersihan dan penanaman pohon serangkaian  memeriahkan Bulan Bung Karno yang digelar Desa Sanur Kauh bertempat di Pantai Mertasari Sanur, Jumat (18/6).

Dalam kegiatan yang dihadiri pula Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, Wayan Mariana Wandira, OPD terkait, Camat Denpasar Selatan Wayan Buda, Perbekel Sanur Kauh Made Ada. dan Bendesa setempat.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan pedagang sekitar yang ikut serta menjaga kebersihan . Dengan semangat gotong royong pihaknya mengajak bersama menjaga Kota Denpasar tercinta.

“Dengan semangat gotong royong mari bersama jaga lingkungan sekitar. Gotong royong merupakan suatu implementasi semangat Bung Karno yang sejalan dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam (Menyama Braya) Guna Mewujudkan Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju,” ujarnya.  

Kadis DPMD Kota Denpasar, IB Alit Wiradana menjelaskan, peringatan Bulan Bung Karno tahun ini mengangkat tema ‘’Taru Prana Bhuwana’’ yang artinya Pohon Sebagai Nafas Bumi. Hal ini menggambarkan dedikasi semangat dan inspirasi perjuangan Bung Karno untuk bangsa Indonesia laksana keberadaan pohon bagi kehidupan.

Lebih lanjut dikatakan, meski dalam situasi pandemi Covid-19, peringatan Bulan Bung Karno tetap dilaksanakan. Selain dengan disiplin penerapan protokol kesehatan, peringatannya dikemas dengan berbagai kegiatan sosial kreatif. Sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat meringankan beban masyarakat di masa pandemi. Selain juga dapat menggugah kreativitas masyarakat.

“Tahun ini kita menyesuaikan kegiatan dengan kebutuhan masyarakat, hal inilah mengapa kegiatannya sebagian besar difokuskan pada aksi sosial dan lomba kreativitas,” jelasnya.

Sementara Perbekel Desa Sanur Kauh, I Made Ada mengatakan serangkaian Bulan Bung Karno yang dilaksnakan di Desa Sanur Kauh yakni dengan melaksanakan kebersihan lingkungan yang diikuti masyarakat dan pedagang di sekitar pantai Mertasari. Selain pelaksanaan gotong royong kebersihan juga dilaksanakan penanaman pohon, lomba pidato PKK  serta lomba membaca puisi tingkat SD se-Desa Sanur Kauh.   (eka/tra)

Masyarakat Diminta Waspada Tetap Disiplin Terapkan Prokes


Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

BM-NEWS.COM Il DENPASAR l

Berdasarkan data resmi Jumat (18/6), penambahan kasus sembuh tercatat bertambah sebanyak 4 orang dan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 15 orang, sementara, kasus meninggal dunia kembali nihil.  

“Perkembangan kasus harian, meski kasus meninggal dunia kembali nihil, kasus sembuh bertambah 4 orang dan kasus positif bertambah 15 orang. Tren kasus positif meningkat, kita wajib waspada dan disiplin prokes,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dikonfirmasi Jumat (18/6).

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 15.127 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 14.668 orang  (96,96 persen), meninggal dunia sebanyak 351 orang (2,32 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  108 orang (0,72 persen).

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan varian baru.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.  Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan  menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat. “Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19," ajak Dewa Rai

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

 "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai. (hms/tra).

Perumda Tirta Sewakadarma Fokus Bangun Kanal Ciptakan Ketersediaan Air Baku


BM-NEWS.COM Il DENPASAR lMeski di masa pandemi Covid-19, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar terus berinovasi untuk menciptakan pelayanan maksimal bagi masyarakat. Tahun ini, Perumda Tirta Sewakadarma fokus membangun kanal untuk menjamin ketersediaan air baku bagi pelanggan. Adapun kanal yang dibangun yakni Kanal Tukad Ayung di Belusung dan Kanal di DAM Peraupan. 

Dirut Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasat, IB Gede Arsana saat dijumpai di IPA Belusung pada Jumat (18/6) menjelaskan, pembangunan dua kanal tersebut dilaksanakan guna memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan. Hal ini utamanya untuk mengantisipasi air keruh saat musim penghujan tiba. 

"Jika kanal telah selesai dikerjakan maka ketersediaan air baku akan lebih maksimal saat musim penghujan," jelasnya

Lebih lanjut dijelaskan, selain membangun kanal, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma juga telah menuntaskan pembangunan dua infrastruktur. Yakni Reservoar di Serangan dengan kapasitas 300 Meter Kubik dan Reservoar Monang Maning dengan kapasitas 1.000 Meter Persegi. 

"Pertama yang sudah terealisasi Reservoar Serangan, kedua yang terealisasi Reservoar Monang Maning, dan target tahun ini yaitu pembuatan kanal air baku di IPA Belusung karena selama ini masih menjadi satu dengan PDAM Badung, serta kanal air baku di DAM Peraupan," jelasnya

Selain itu, pihaknya juga berencana menjajaki kerjasama dengan pengelola Embung Sanur. Hal ini utamanya dalam penyediaan air baku untuk daerah pariwisata di wilayah  Sanur dan Serangan. 

"Jika diijinkan kami berencana mengolah air baku nantinya di Embung Sanur, itu bisa membackup kebutuhan air di kawasan wisata Sanur dan Serangan, serta mengatasi gangguan kebocoran pipa," jelasnya

IB Arsana mengajak seluruh pelanggan untuk membuat penampungan air baku. Hal ini utamanya saat musim penghujan. 

"Jadi kami juga mengajak masyarakat atau pelanggan untuk menyediakan penampungan air agar ketersediaan air terjamin dalam situasi apapun, kedepan semoga dengan selesainya kanal dan reservoar dapat mendukung maksimalnya pelayanan," pungkasnya. (ags/tra).

PPDB Jalur Prestasi SMP Negeri Kota Denpasar Dimulai




BM-NEWS.COM Il DENPASAR lPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kota Denpasar resmi dimulai pada Jumat (18/6). Kick off pendaftaran ini diawali dengan penerimaan jalur prestasi baik akademik maupun non akademik yang akan berlangsung hingga 23 Juni. Sedangkan jalur Zonasi Umum, Dampak Covid-19, Afirmasi dan Perpindahan Orang Tua akan dilaksanakan dari tanggal 26-29 Juni mendatang. 

Untuk tahun 2021 ini, kuota PPDB di 14 SMP di Denpasar sebanyak 4.080 siswa. Sementara, jumlah siswa yang tamat SD tahun ini sebanyak 13.881 siswa. Karenanya, 9.000-an siswa lulusan SD ini tidak bisa ditampung di SMP Negeri di Denpasar.

Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya saat Rapat Dengar Pendapat bersama DPRD Kota Denpasar, Jumat (18/6), siswa yang tak tertampung di SMP Negeri akan ditampung di SMP Swasta. Sedangkan untuk PPDB tahun 2021 masih sama dengan tahun 2020 lalu dengan menggunakan sistem online.

Pendaftaran dibagi ke dalam empat kategori yakni jalur prestasi, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur afirmasi, dan jalur zonasi.

“Khusus untuk jalur zonasi ini dibagi ke dalam dua kategori yakni kategori umum dan kategori terdampak Covid-19,” ujarnya

Sesuai rancangan awal, untuk jalur zonasi kategori umum, kuota yang disediakan minimal 50 persen untuk setiap sekolahnya.

Pada kuota untuk jalur dampak sosial atau dampak Covid-19 sebanyak 10 persen.

Untuk jalur prestasi sebanyak 20 persen, dan afirmasi sebanyak 5 persen. Sedangkan untuk kuota perpindahan orang tua dan anak guru sebanyak 5 persen.

Ia menambahkan, khusus untuk dampak sosial, kriterianya adalah yang terkena dampak sosial Covid-19 seperti orang tuanya yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang orang tuanya dirumahkan.

Sedangkan kuota anak guru yang dimaksud yakni anak kandung dari guru yang tengah mengajar di SMP di Kota Denpasar.

“Harus anak kandung, tidak keluarga lainnya. Itu sebagai bentuk apresiasi bagi guru SMP yang mengajar di Denpasar,” imbuhnya.

“Siswa yang sekolah di luar Denpasar namun memiliki KK Denpasar bisa mengikuti jalur zonasi di Denpasar. Sedangkan yang bersekolah di Denpasar dengan KK di luar Denpasar bisa ikut jalur prestasi,” pungkasnya.(ags/tra)

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak