Info Terkini dari Humas Pemkot Denpasar

Work From Sanur Siap Dukung Pemulihan Pariwisata Bali



BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Penerapan program Work From Bali menjadi angin segar bagi pelaku pariwisata Kota Denpasar. Secara khusus, Kota Denpasar menawarkan program spesifik Work From Bali melalui Work From Sanur, Denpasar.  Demikian disampaikan Ketua PHRI Kota Denpasar, IB Gede Sidartha Putra saat dikonfirmasi, Kamis (10/6).

 Ia juga mengatakan, penerapan program Work From Bali yang dicanangkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI yang mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan BUMN untuk menjadikan Bali sebagai tempat diadakannya aktivitas di harapkan menjadi angin segar dalam pemulihan ekonomi dan pariwisata di Bali. Denpasar sebagai Ibu Kota Provinsi Bali juga turut bergantung kepada sektor pariwisata. 

"Sehingga dengan program spesifik Work From Sanur kita harapkan dapat mendukung geliat ekonomi di Kota Denpasar. Work From Bali kan masih luas, bisa dimana saja di Bali, tapi disini kami menawarkan Sanur untuk menjadi pilihan bagi mereka yang akan Work From Bali, dan itu kami sebut Work From Sanur," jelasnya 

Kata Sidartha, hal ini bukan tanpa alasan, sebelumnya kawasan Sanur, Denpasar telah ditetapkan menjadi zona hijau Covid-19 untuk penerapan Free Covid Corridor. Greenzone Sanur meliputi Desa Sanur Kaja, Kelurahan Sanur dan Desa Sanur Kauh. Dimana, ribuan warga dan pekerja di wilayah itu sudah mendapat vaksin Covid-19 tahap pertama dan kedua. 

"Sehingga, herd imunity masyarakat sebesar 70 persen telah terpenuhi. Untuk kawasan Sanur sendiri angka penyebaran COVID-19 mengalami penurunan drastis dan terendah sejak dilakukan vaksinasi di seluruh Sanur. Sehingga kawasan pariwisata Sanur jadi hijau dan bisa dibuka kembali," jelasnya

Pihaknya menekankan, yang lebih penting adalah wisatawan tidak takut datang ke Sanur. Hal ini lantaran Hotel dan restoran di Sanur sudah menerapkan Cleanlines, Health, Safey, Environment (CHSE) dan seluruh fasilitas umum dan wisata sudah menerapkan protokol kesehatan. 

"Kami optimis Sanur siap menjadi Green Zone Destination yang akan mendukung program-program pemulihan pariwisata Bali yang direncanakan Pemerintah, termasuk Work From Bali dengan pilihan Work From Sanur," paparnya.

Gusde Sidartha mengatakan, Work From Sanur menawarkan nuansa kehidupan pedesaan khas Sanur yang tenang  membuat anda merasa aman ketika mengeksplor kawasan ini. Mulai dari pantai pasir putih di Sanur dengan ombak yang tenang dan dangkal sehingga memungkinkan anak-anak bermain air dengan mudah.

Selain itu, kata Gusde Sidartha, salah satu keunikan dan daya tarik Sanur karena di sepanjang garis pantai terdapat jalan untuk jogging track. Jalan jogging track di bibir pantai Sanur lumayan panjang, sekitar 4 kilometer. Selain untuk jogging, jalan ini dapat menjadj pilihan untuk bersepeda bersama anak-anak. 

"Bagi yang ingin wisata kuliner dengan harga lebih terjangkau, silakan datangi Pasar Sindhu saat malam hari. Ada banyak pedagang makanan kaki lima yang bisa disambangi di sini," tuturnya

“Kawasan Sanur siap menjadi pilot project program Work From Sanur dan wisatawan nusantara lainya, karena sistem single management yang membuat kawasan yang kami kelola lewat Yayasan Pembangunan Sanur ini lebih terkendali dan terawasi. Kami harapkan dimulainya Work From Bali di Sanur dapat meningkatkan kepercayaan diri wisatawan untuk berkunjung ke Bali dan melakukan aktivitas wisata dalam koridor perjalanan yang aman dan tersertifikasi, di Kawasan Sanur,” imbuh Gusde Sidharta. (tra).

Prosentase Kesembuhan Capai 96,96 Persen


Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Angka kesembuhan pasien Covid-19 secara konsisten terus mengalami penambahan. Berdasarkan data resmi pada  tercatat penambahan kasus sembuh sebanyak 16 orang, kasus positif bertambah sebanyak 6 orang dan kasus meninggal dunia kembali nihi. Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dikonfirmasi Kamis (10/6).

Ia juga mengatakan kondisi tersebut menjadikan prosentase kesembuhan pasien melejit menjadi 96,96 persen. Tak hanya itu, prosentase kasus aktif pun turun dibawah 1 persen atau tepatnya 0,72 persen. 

“Perkembangan kasus harian, kasus meninggal nihil, kasus sembuh bertambah 16 orang dan kasus positif bertambah 6 orang. Total kasus aktif menurun di bawah 1 persen. Walaupun kasus menurun tetapi masyarakat harus tetap waspada,” katanya.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 15.032 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 14.575 orang  (96,96 persen), meninggal dunia sebanyak 349 orang (2,32 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  108 orang (0,72 persen).

Dewa Rai mengatakan bahwa mulai menurunya tingkat penularan di Kota Denpasar tak lepas dari tindakan pendisiplinan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan melalui tindakan yustisi dan gencarnya  pelaksanaan vaksinasi, untuk membentuk  herd imunity .

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan varian baru.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.  

Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan  menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19," ajak Dewa Rai

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

 "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai. (Hms/tra).

Peringati Hari Bulan Bung Karno III Ketua K3S, Serahkan Kursi Roda

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Penyerahan bantuan kursi roda sinergitas dari Coorporate Social Responsibility (CSR) bersama Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar menyasar lansia, Kamis (10/6) di Kecamatan Densel.

Penyerahan kursi roda dilakukan Ketua K3S, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa diikuti OPD terkait serta pihak donatur  dari KADIN Denpasar dan PT. Pelindo III yang dikoordinir Bagian Kerjasama Setda Kota Denpasar dan Dinas Sosial memberikan motivasi dan bantuan kepada para penyandang  disabilitas dan lansia di Kota Denpasar. 

Dalam penyerahan dilaksanakan langsung menyambangi kediaman para lansia yang membutuhkan bantuan kursi roda. 

Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan penyerahan bantuan alat kesehatan seperti kursi roda kali ini telah menjadi agenda rutin K3S sinergi dengan CSR Denpasar. Disamping kegiatan rutin, pelaksanaan penyerahan ini juga dalam rangka memperingati Hari Bulan Bung Karno III Provinsi Bali.

 "Momentum peringatan Hari Bulan Bung Karno dilaksanakan dengan berbagi kasih bersama lansia melalui sinergitas CSR Denpasar," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan dalam masa pandemi saat ini pihaknya memberikan motivasi kepada disabilitas dan lansia untuk tetap semangat dalam mengisi kegiatan sehari-hari untuk selalu menjaga kesehatan  dan tetap beraktivitas dengan penerapan prokes. 

Ny. Antari juga menjelaskan K3S sebagai mitra kerja Pemkot Denpasar dalam menangani permasalahan sosial yang bersinergi dengan berbagai perusahaan dan instansi di Kota Denpasar  seperti halnya bantuan kursi roda yang diserahkan kali ini berkat bantuan  dari Ace Hardware, Rotary Club of Bali Taman, KADIN Denpasar, serta PT. Pelindo III. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi disabilitas dan lansia dalam menjaga kesehatan mengisi keseharian di rumah. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak CSR yang telah turut serta membantu dan mengunjungi langsung menyerahkan bantuan kursi roda," ujarnya. 

Salah satu lansia penerima kursi roda Ni Nyoman Mendri menyampaikan ucapan terima kasih kepada K3S Denpasar dan semua pihak yang telah memberikan bantuan kursi roda. Kondisi Nyoman Mendri yang sudah berusia lanjut hanya bisa duduk dan mengharapkan bantuan kursi roda untuk menunjang kegiatan sehari-hari di rumah.

 "Terima kasih bantuan kursi roda yang diserahkan kali ini, sangat bermanfaat bagi saya dalam melakukan aktifitas di rumah," ujarnya.

Bantuan yang diserahkan sebanyak lima buah kursi roda menyasar lansia di Kecamatan Densel yang juga diikuti tokoh masyarakat desa setempat dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Densel dan Karang Taruna.  (Pur/tra)

Pemkot Denpasar Luncurkan Aplikasi DEVI


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Pemkot Denpasar meresmikan Pemandu Virtual Layanan Informasi Publik DEVI (Denpasar Virtual Asistant) dan Literasi Media. Peresmian digelar Kamis 10 Juni 2021 di Ruang Cyber Monitor Damamaya Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Aplikasi ini bertujuan untuk memandu masyarakat Denpasar untuk mendapatkan informasi terkait layanan publik. Peresmian aplikasi ini dilakukan oleh Asisten II Sekda Kota Denpasar AA. Gde Risnawan.

Kadis Kominfo dan Statistik Kota Denpsar, I Dewa Made Agung mengatakan, Aplikasi Pemandu Virtual Layanan Informasi Publik ini berbasis chat bot di WhatsApp. Untuk mengakses layanan tersebut, dapat diakses melalui link s.id/halodevi. Pertama pengguna harus menyimpan nomor official WA acount Devi yakni 087777102233 di perangkat yang dimiliki.

“Fitur utamanya dari aplikasi ini adalah balas otomatis atau auto reply. Fungsi aplikasi ini sebagai pemandu masyarkat mendapatkan layanan publik di setiap OPD dan Perumda termasuk tata caranya seperti mengurus KTP dan lainnya,” katanya.

Adapun layanan yang tersedia yakni terkait Penerimaan Peserta Didik Baru 2021/2022, layanan Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil, Perumda Air Minum Sewakadarma, layanan Dinas Penanaman Modal & PTSP, Pengaduan Rakyat Online #ProDenpasar, hingga situasi Covid-19 di Kota Denpasar.

“Layanan DEVI di WA tidak dikenakan biaya, hanya kuota, serta dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun. Tidak ada batasan maksimal interaksi di chatbot Devi dalam sehari,” katanya.

Sedangkan untuk kegiatan Literasi Media tahun ini mengusung tema “Agar Makin Cakap Digital: Berinteraksi Digital yang Aman, Cerdas, Berbudaya dan Beretika”. 

Hal ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya keterhubungan masyarakat dengan dunia digital di era pandemi yang memerlukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang dunia internet. Adapun Kegiatan Literasi Media tahun ini diikuti 100 orang PKK Desa/Kelurahan dan 100 orang anggota WHDI Desa/Kelurahan yang terhubung secara daring melalui aplikasi zoom meeting. 

Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 10 hingga 11 Juni 2021 dengan. Narasumber Literasi Media meliputi unsur Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Bali, Komunitas Relawan TIK Bali dan  Dinas Kominfos Kota Denpasar. (*)

Tim Yustisi Denpasar Jaring 40 Orang  Pelanggar Prokes


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Tim Yustisi yang terdiri Kota yang terdiri Kota Denpasar  Satpol PP Kota Denpasar , Dinas Perhubungan Kota Denpasar, TNI dan Polri menjaring  40 orang pelanggar protokol kesehatan, saat melakukan penertiban Protokol Kesehatan PPKM Skala Mikro di Jalan Gunung Saputan Desa Pemecutan Kelod Denpasar Barat Kamis (10/6).

Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan, dari semua yang ditertibkan sebanyak 22 orang di didenda ditempat sebesar Rp 100 ribu karena tidak menggunakan masker dan 18 orang diberikan pembinaan karena menggunakan masker tidak pada tempatnya.

Menurut Sayoga, dari sekian yang ditertibkan sebagian beralasan lupa menggunakan masker dan lokasi tujuan dekat rumah. Agar hal tersebut tidak terulang kembali, pihaknya  memberikan efek jera kepada pelanggar dengan diberikan sanksi push up ditempat dan harus menadatangani surat pernyataan tidak melanggar kembali.  

"Setiap pelanggar sanksi sebagai  efek jera, agar kemudian hari  tidak melanggar lagi dan jika mepanggar maka mereka harus siap menerima  tindakan lebih tegas," jelas Sayoga.

Dalam menekan penularan covid 19 Sayoga mengaku secara  rutin melaksanakan penertiban protokol kesehatan. Setiap penertiban jika ditemukan ada yang tidak menggunakan masker maka akan di denda ditempat. Sedangkan bagi yang salah menggunakan masker akan diberikan pembinaan. 

 Untuk kebaikan semua orang Sayoga  mengaku tidak lelah dan akan  terus mengingatkan dan  mengimbau  masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan 6 M yakni memakai masker standar dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun, dan mentaati aturan. Dengan cara itu pihaknya mengharapkan penularan covid 19 dapat dikendalikan. Mengingat kasus yang positif covid-19 saat ini masih terus ditemukan. (Ayu/tra)

Lomba Pidato Bung Karno di SMP Negeri 2 Denpasar


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Dalam rangka memperingati bulan Bung Karno, Kota Denpasar melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Denpasar menggelar lomba Pidato Bung Karno, pada Kamis (10/6). Lomba pidato yang digelar di SMP Negeri 2 Denpasar ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis DPMD Kota Denpasar, IB Alit Wiradana.

Kabid  Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar yang juga selaku Ketua Panitia Lomba Pidato Bung Karno, A.A Gede Wiratama dalam laporannya mengatakan kegiatan lomba Pidato Bung Karno kali ini dalam rangka memperingati bulan Bung Karno yang bertemakan “Membangun Para Oratoris Ibarat, Sang Proklamator Bung Karno dalam Menumbuhkembangkan Jiwa Nasionalisme Generasi Muda”.

Lebih lanjut dikatakannya, lomba pidato ini diikuti oleh siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan total sebanyak 64 orang dari seluruh Kota Denpasar. Lomba ini dibagi menjadi dua sesi, hari ini pada Kamis (10/6) dilaksanakan untuk siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan pada hari Jumat (11/6) dilaksnakan untuk siswa siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta dalam setiap perlombaan kami tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus covid 19," ujarnya.

Lebih lanjut Agung Wiratama mengatakan Lomba pidato Bung Karno ini bertujuan sebagai sarana untuk generasi muda agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme, rasa bela negara dan dapat menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan bangsa dan negara Indonesia.

Sementara Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi pagelaran lomba Pidato Bung Karno tersebut. “Tentu, kegiatan ini dapat dijadikan ajang untuk membangun generasi unggul yang terlahir dari rasa nasionalisme, patriotisme, serta dapat menumbuhkan rasa cipta tanah air kepada khalayak generasi muda saat ini,” ujar Agus Arya Wibawa.

Lebih lanjut dia mengajak seluruh generasi muda untuk membangun diri dan memahami betul kewajiban, serta terus berinovasi dan berkreativitas untuk kemajuan sebuah bangsa.

 “Dengan dilaksanakan lomba Pidato Bung Karno ini tidak hanya sebatas acara seremonial, namun kami berharap agar filosofinya bisa masuk dan dapat dicermati sebagai semangat untuk terus belajar dalam menggapai cita-cita. Dan berharap untuk peserta lomba, jadikan ini sebagai ajang untuk mengasah diri agar dapat menjadi oratoris dan pemimpin unggul masa depan dengan mengedepankan rasa persaudaraan, dan semangat gotong royong dengan spirit Wasudaiwa Kutumbhakam, ” pungkas Arya Wibawa.(tra)


Pemkot Denpasar Terima Anugerah Humas Entrepreneurial Award 2021


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Pemerintah Kota Denpasar berhasil meraih Penghargaan Humas Entrepreneurial Award 2021 pada acara Jakarta Marketing Week dengan mengusung tema Winning In The Recovery Period. Penganugerahan ini diserahkan oleh MarkPlus, Inc yang diterima oleh I Dewa Gede Rai, Kabag Humas & Protokol Denpasar melalui virtual zoom Kamis (10/6). 

Dalam Penghargaan yang juga dihadiri secara virtual oleh  Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate, Wamenkes Dante Saksono, Founder dan Chairman Markplus Inc. Hermawan  Kartajaya serta perwakilan dari kementerian, pemerintah provinsi dan daerah/kota serta masyarakat Indonesia. Pemkot Denpasar menjadi satu-satunya daerah dari Bali berhasil masuk 3 besar dalam ajang tersebut.

Johnny G Plate saat membuka acara menyampaikan, momentum pandemi ini membawa perubahan tatanan cara bekerja baru bagi Humas Pemerintah. Saat ini, Humas dituntut lebih aktif dalam menyampaikan informasi kebijakan secara langsung melalui media informasi kapan saja dan dimana saja, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah secara nyata. “Mari bersama-sama dengungkan menuju Indonesia terkoneksi semakin digital semakin maju.

Untuk diketahui bahwa Pemkot Denpasar ditetapkan menjadi penerima Anugerah Humas Entrepreneurial Award 2021 dengan mengusung program Vaksinasi Massal Menuju Sanur Zona Hijau. Keberhasilan Pemkot Denpasar menyukseskan program Sanur zona hijau dengan tercapainya jumlah sasaran vaksin hingga 105% tidak lepas optimalisasi penggunaan digital marketing campaign. 

I Dewa Gede Rai usai menerima penghargaan dan  turut diundang menjadi pembicara untuk menyampaikan cara Pemkot Denpasar memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk menyukseskan program pemertinah. Dijelaskan bahwa  Kota Denpasar selalu   mengikuti perkembangan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan menjadi efektif dan efisien. 

“Pemkot Denpasar selalu mengikuti perkembangan teknologi digital untuk mensosialisikan program pemerintah kepada masyarakat. Untuk menjangkau semua lapisan masyakarat, Pemkot Denpasar memiliki media sosial seperti, Facebook, IG, Twitter, bahkan saat ini akan menjajaki Tiktok aplikasi yang sedang digandrungi anak muda. Hal ini tentu untuk lebih menyebarluaskan program Pemkot Denpasar,” jelasnya.

Sementara Hermawan Kartajaya, selaku Chairman MarkPlus, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap Humas Pemerintah Daerah, Kementerian dan Lembaga yang telah mengkomunikasikan program-program pemerintah dalam berbagai keterbatasan karena Covid-19, dengan cara eksekusi yang bagus dan punya dampak baik. publikasi . Pemenang dipilih oleh tim juri yang terdiri dari para Perhumas, IMA dan MarkPlus Inc. (tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak