Info Terkini Denpasar Seputar Pujawali, Prokes, Sosial, dan Covid-19


Walikota Hadiri Karya Pemelaspasan Pasupati Pratima 


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Bertepatan dengan  Purnama Sasih Kapat, Anggara Kasih Wuku Kulantir dilaksanakan Pemelaspasan, Mupuk Pedagingan, dan Pasupati Pratima di Pura Dalem Taman Sari, Banjar Bekul Desa Adat Panjer, Selasa (21/9) kemarin.

 Upacara yang dilaksankan dengan penerapan prokes yang ketat ini dihadiri Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Buda, Bendesa, serta tokoh masyarakat desa setempat.

Prawartaka Karya, Ketut Suwardiana Putra saat diwawancara mengatakan dalam pelaksanaan upacara khususnya dalam masa pandemic ini tentu kami laksanakan dengan penerapan prokes yang ketat dan membatasi jumlah kehadiran krama

Lebih lanjut dikatakannya, upacara Pemelaspasan Gedong dan pasupati pecanangan Petapakan Ida Bhatara serta melaksanakan Pujawali di Pura Dalem Taman Sari serta upacara ini dipuput langsung oleh Ida Pedanda Gede Anom Telaga, Griya Telaga Punia Sari Sidakarya.

“Kami berharap walau situasi pandemic seperti ini Pemkot Denpasar untuk kedepannya agar tetap memperhatikan dan melestarikan kegiatan keagamaan, adat dan kebudayaan.

Karena kita di Bali khususnya di Denpasar tidak luput dengan upacara keagamaan namun kita semua wajib untuk mengikuti protokol kesehatan seperti menerapkan Social dan Phsical Distancing dan tetap menggunakan masker serta menjaga kebersihan,” ujar Ketut Suwardiana.

Sementara Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan walaupun dalam situasi seperti ini bisa melaksanakan upacara dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta tetap wajib menggunakan masker. 

Ia berharap dengan terselenggaranya upacara ini rasa kekeluargaan antar umat serta Sradha Bhakti kita kepada Ida Sang Hyang Widhi semakin meningkat sehingga dapat menimbulkan dampak positif terhadap kita semua. (tra).

Desa Sidakarya Ikuti Lomba Desa Tangguh & Aman COVID 19



Penilaian Lomba Desa Tangguh & Aman COVID 19 Desa Sidakarya 2021 dilaksanakan pada Selasa (21/9) dengan penerapannya prokes yang ketat.

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Penilaian Lomba Desa Tangguh & Aman COVID 19 Desa Sidakarya 2021 dilaksanakan dengan penerapan protokol Kesehatan yang ketat. Dalam kesempatan tersebut hadir perwakilan DPMD Kota Denpasar ( Ketua Team Ida Bagus Puja ), OPD terkait Pemkot Denpasar lainnya, serta perwakilan pemerintah Desa dan Adat lainnya, Selasa (21/9).

Perbekel Desa Sidakarya, Wayan Madrayasa saat dihubungi mengatakan dalam Lomba Desa Tangguh & Aman Covid 19 di Desa Sidakarya 2021 kriteria yang dinilai ada lima, antara lain Bidang Data Informasi, Bidang Komonikasi Publik, Perubahan Prilaku, Penanganan Kesehatan dan Penegakan Hukum Pendisiplinan. 

"Karena kegiatan ini kami laksanakan ditengah situasi Pandemi maka kami mengedepankan Pendisiplinan Protokol Kesehatan yang ketat kepada semua yang terlibat," ujar Madrayasa

Ditambahkan nya,  tujuan pelaksanaan kegiatan lomba desa  ini sejauh mana masing masih Desa dan Kelurahan di Denpasar melaksanakan pembangunan di segala lini dan impelentasi  penanganan covid 19 dan  penerapan prokes di Desa dan Kelurahan.  

"Adapun kegiatan berjalan dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat terdiri dari tim penilai dan undangan berjumlah 15 orang dengan tim pendamping  berjumlah 20 orang.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan nilai pembangunan desa kami selaras dengan menekan penyebaran COVID-19 di desa dengan masyarakat kami paham disiplin prokes" katanya lagi.  (Esa/tra).

Jaya Negara - Arya Wibawa Ngupasaksi Upacara Melaspas


Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa saat ngupasaksi Upacara Melaspas, Mecaru, Mendem Pedagingan lan Pujawali di Banjar Kepisah Pedungan nemoning Purnama Sasih Kapat, Anggara Kasih Wuku Kulantir, Selasa (21/9) kemarin.

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa ngupasaksi Upacara Melaspas, Mecaru, Mendem Pedagingan lan Pujawali di Banjar Kepisah Pedungan nemoning Purnama Sasih Kapat, Anggara Kasih Wuku Kulantir, Selasa (21/9).

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara dan Arya Wibawa mendem pedagingan di Parahyangan Bale Banjar Kepisah, menyerahkan punia dan menandatangani Prasasti.

Tampak hadir Jro Bendesa Adat Pedungan yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali, I Gusti Putu Budiarta, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha serta Prajuru Banjar Kepisah Pedungan dengan menerapkan protokol kesehatan dan didahului dengan Rapid Test Antigen.

Prawartaka Karya, AA Made Sukadana didampingi Prajuru Adat Banjar Kepisah mengatakan, pelaksanaan upacara Melaspas, Mecaru, Mendem Pedagingan lan Pujawali di Banjar Kepisah ini dilaksanakan lantaran Pemugaran Kawasan Bale Banjar Kepisah Pedungan sudah tuntas.

Dimana, pembangunan dilaksanakan meliputi Pembangunan Bale Banjar, Bale Kulkul, Bale Pawedan dan Parahyangan Banjar.

Dikatakan lebih lanjut, rangkaian yang diawali dengan ngeruak, melaspas, matemakuh, pecaruan, mendem pedagingan, melaspas yang dipuput Ratu Ida Rsi Begawan Semerti dari Griya Kusuma Sebali Tembau dan Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Putra Sara Sri Satya Jote dari Griya Bhuana Dharma Santi, Desa Adat Sesetan. Ida Bhatara nyejer selama tiga hari untuk selanjutnya dilaksanakan upacara nyineb pada 24 September 2021.

“Tentu harapan kami dengan tuntasnya pembangunan Bale Banjar dan Upacara Pemelaspasan dan Pecaruan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelasnya

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa mengharapkan dengan usainya pemugaran serta Upacara Melaspas, Mecaru, Mendem Pedagingan lan Pujawali ini dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat Banjar Kepisah Pedungan.

“Pelaksanaan Yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat  beragama.

Diharapkan upacara Yadnya ini dapat memberikan energi Dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagat Bali serta menetralisir hal- hal negatif melihat berbagai macam situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan jagat beserta isinya,” ujarnya. (Ags/tra).


Wawali Hadiri Pujawali Di Pura Kusuma Sari Pegok Sesetan


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri upacara Pujawali di Pura Kusuma Sari Banjar Pegok Kelurahan Sesetan. Upacara Pujawali ini dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Sasih Kapat, Anggara Kasih Wuku Kulantir, Selasa (21/9) kemarin.

Hadir dalam pelaksanaan pujawali kali ini Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Made Raka Purwantara dan Camat Denpasar Selatan I Wayan Bhuda. Upacara pujawali dilaksanakan dengan menerapkan  penerapan protokol kesehatan secara ketat. 

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyambut baik upacara pujawali yang dilaksanakan oleh pengempon serta masyarakat setempat.

Ia berharap dengan terselenggaranya upacara pujawali ini rasa persatuan dan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa semakin meningkat.

Karenauntuk menyeimbangkan hubungan yang harmonis antara umat manusia dengan Ida Sang Hyang Widi Wasa  yang  berlandaskan pada konsep Tri Hita Karana. 

“Selain itu, untuk menyelaraskan dan  menjaga hubungan antara palemahan, pawongan dan  parahyangan, sehingga tercipta  hubungan yang harmonis terutama saat menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini," kata Arya Wibawa.

Selebihnya Arya Wibawa juga mengimbau, di tengah pandemi Covid-19 saat ini masyarakat yang hadir  juga harus mematuhi protokol Kesehatan yang ketat. 

Prajuru Adat Banjar Pegok I Nyoman Susun mengatakan Pujawali di Banjar Pegok ini pihaknya bersama warga memiliki tujuan untuk dapat secara bersama-sama meningkatkan sradha dan bhakti 

" Tentu ditengah situasi pandemi ini, kehadiran Bapak Wakil Walikota menjadi dukungan dan doa restu bagi kami masyarakat yang melaksanakan yadnya dengan tulus ikhlas ini.

Saat pelaksanaan nya kami menerapkan rangkaian protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, pemedek wajib menggunakan masker, menjaga jarak  dan sebagainya agar masyarakat tetap aman dan nyaman," ujarnya.(tra).

Sebanyak 107 Orang Sembuh Kesembuhan Capai 95,64 Persen


Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar kembali sukses melampaui penambahan kasus positif harian. Berdasarkan data resmi  pasien sembuh tercatat bertambah sebanyak 107 orang. Sementara, kasus positif Covid-19 bertambah 36 orang dan meninggal dunia  bertambah 6 orang, Selasa (21/9) kemarin.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi menjelaskan, kendati kasus covid 19 di Denpasar sudah semakin menurun dan melandai namun penularan virus covid 19 masih ditemukan, oleh karena itu ia tetap mengimbau masyarakat agar jangan sampai kendor menerapkan protokol kesehatan. 

"Kondisi  ini harus menjadi perhatian kita bersama, tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, karena jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid sewaktu waktu bisa kembali meningkat, sehingga diperlukan kerjasama berbagai pihak serta seluruh lapisan masyarakat, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM," ujar Dewa Rai

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 37.150 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 35.529 orang  (95,64) persen), meninggal dunia sebanyak 948 orang (2,55 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 673 orang (1,81 persen). 

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktifitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada penerapan PPKM Level 3 Jawa-Bali. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan varian baru.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi. Dalam  beberapa minggu terakhir kasus mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. 

Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, penyekatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan  menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan serta eco enzym wilayah secara terpadu.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat, dan vaksinasi  menyasar anak anak usia sekolah 12-17 tahun.

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19," ajak Dewa Rai  

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.  

"Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai. (Hms/tra).

Tim Yustisi Bagikan Makser Gratis Kepada Pelanggar Prokes



BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Tim Yustisi Kota Denpasar tidak hanya menindak bagi yang melanggar protokol kesehatan.

Kali ini disamping melakukan pengawasan dan penertiban pelanggar Prokes juga membagi bagikan masker gratis masyarakat dan kepada pelanggar protokol kesehatan  pada saat penertiban prokes PPKM level 3 di  Jalan Gunung Saputan Desa Padang Sambian Kelod Kecamatan Denpasar Barat Selasa (21/9) kemarin.

Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan, dalam upaya menekan penularan covid 19,  pembagian masker kepada pelanggar harus dilakukan. "Supaya mereka tidak terpapar virus atau menularkan virus," ungkap Sayoga.

Lebih lanjut Sayoga mengatakan dalam penertiban kali ini pihaknya menjaring 21 orang pelanggar prokes. Dengan rincian 12 orang diberikan pembinaan karena tidak menggunakan masker dengan benar dan 9 orang denda karena tidak menggunakan masker.

Dalam upaya menekan penularan covid 19 dalam penertiban tersebut pihaknya juga memberikan hukuman fisik kepada pelanggar dengan push up ditempat. Langkah itu diberikan supaya mereka jera dan tidak melanggar kembali.

Tidak hanya itu dalam kesepatan tersebut pihaknya juga memberikan  edukasi kepada masyarakat untuk selalu taat pada protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker. (Ayu/tra).

Komunitas Let’s Help Bali Bagikan 60 Paket Sayuran 


BM-NEWS.COM ll DENPASAR l Pandemi covid-19 yang merupakan masa sulit bisa dilalui dengan saling bantu dan  bergandengan tangan untuk membantu sesama. 

Kondisi ini memunculkan berbagai rasa simpati dari berbagai kalangan seperti yang Komunitas Let’s Help Bali melalui kegiatan sosial dengan membagikan sayuran kepada masyarakat di Desa Dauh Puri Kauh di Banjar Jematang, Selasa (21/9) kemarin.

Perbekel Desa Dauh Puri Kauh, I Gusti Made Suandhi saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan ini sudah beberapa kali dilaksanakan oleh Komunitas Let’s Help Bali di Desa Dauh Puri Kauh. Namun kali ini dilaksanakan di wilayah Banjar Jematang dengan membagikan sebanyak 60 paket sayuran kepada warga yang terdampak pandemic covid-19.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam pembagian sembako ini agar tidak menimbulkan kerumunan maka dilakukan dengan membatasi kehadiran masyarakat dan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga tidak adanya kerumunan sehingga tidak terjadi penularan virus yang lebih meluas.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak Komunitas Let’s Help Bali, telah dapat bekerjasama dengan saling membantu dimasa pandemic covid-19 ini, sehingga dapat meringankankan beban masyarakt pada masa pandemi.

Dan kami berharap kedepannya agar tetap saling bekerjasama untuk saling membantu dan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga dapat mempercepat upaya pemulihan perekonomian masyarakat serta dapat menekan angka penyebaran virus covid 19,” kata Gusti Made Suandhi. (Hms/tra).


0 Comments

Leave a comment

Kode Acak