Korem Bentuk Pilot Project, Kodim Jembrana Berbagi Kasih


Danrem Pimpim Rakor Pembentukan Pilot Project Posko Desa

BM-NEWS.COM |DENPASAR ||Sampai saat ini Pandemi COVID-19 masih terjadi dan membutuhkan penanganan yang lebih intensif dengan melibatkan berbagai pihak baik itu pemerintah, TNI-Polri serta komponen paling bawah di tingkat desa atau kelurahan.  

Menindaklanjuti hal tersebut serta sebagai inisiasi dari Kodam IX/Udayana, Korem 163/Wira Satya bersama Kodim Jajaran di bawahnya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Pilot Project Posko Desa di ruang video conference masing-masing, Jumat (19/2) lalu.

Rapat secara virtual atau melalui video conference tersebut dipimpin Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., dan dihadiri oleh seluruh Dandim Jajaran Korem 163/Wira Satya.  Dalam arahannya  Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., mengatakan Pembentukan Pilot Project Posko Desa merupakan inisiasi Kodam IX/Udayana dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 di Bali. "Pembentukan Pilot Project Posko Desa ini nantinya akan menjadi percontohan bagi Posko Desa lainnya," ungkap Danrem.

Kata ia, sesuai hasil koordinasi dengan Kodim Jajaran, Pilot Project Posko Desa direncanakan dilaksanakan di 11 Desa/Kelurahan dari 5 Kabupaten/Kota dengan rincian, Kabupaten Badung yaitu Desa Unggasan, Desa Dalung dan Desa Tuban. Kabupaten Gianyar yaitu Desa Mas. Kabupaten Tabanan yaitu Desa Dauh Peken. Kabupaten Bangli yaitu Desa Abuan. Serta Kota Denpasar yaitu Desa Pemecutan Kaja, Desa Sumerta Kelod, Desa Pemecutan Kelod, Desa Pemogan dan Kelurahan Sesetan.

“Dalam rapat koordinasi ini juga memberikan penekanan agar struktur organisasi Posko segera kita lengkapi dengan surat tugas atau surat keputusan  Kepala Desa/Lurah serta membuat peta bagan wilayah desa. Kemudian juga memberikan penekanan data-data yang harus dilengkapi di Posko dan mekanisme kegiatan yang harus dilaksanakan baik bagi zona hijau, kuning, orange dan merah,”ungkapnya.

Brigjen TNI Husein Sagaf, mengatakan yang tak kalah pentingnya dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan maka petugas agar segera melaksanakan tracing di desa secara masif.  Tracing segera dilakukan dan apabila menemui kendala terkait ketersediaan Rapid Test Antigen agar segera dikoordinasikan ke pihak Korem 163/Wira Satya untuk  selanjutnya dikoordinasikan dengan Kesehatan Kodam IX/Udayana.  “Ada juga tugas dalam rangka untuk segera mendata warga yang melaksanakan isolasi mandiri di desa dan mengajukan kebutuhan dalam pelaksanaan isolasi tersebut,”katnya. (**tra).


Kodim Jembrana Berbagi Kasih Di Masa Pandemi

BM-NEWS.COM |JEMBRANA ||Berbagai upaya dilakukan TNI dalam meringankan beban masyarakat di masa Pandemi COVID-19 saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar Bakti Sosial Pemberian Paket Sembako yang menyasar warga masyarakat yang dikategorikan tidak mampu dan sebelumnya belum pernah mendapat bantuan sosial dari pihak lain.

 

Gelaran kegiatan bakti sosial dan penyerahan paket Sembako tersebut dilaksanakan Sabtu (20/02/2021) yang dipimpin  langsung oleh Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., yang didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVI Dim 1617 Jembrana Nyonya Mirza Andriyani Hasrifuddin beserta Pengurus Persit. Hadir pula mendampingi dalam acara tersebut diantaranya Kasdim 1617Jembrana Mayor Inf I Gusti Made Seputra serta Para Perwira Staf dan Para Danramil.

Dandim 1617/Jembrana menerangkan bakti sosial yang digelar satuannya merupakan wujud kepedulian TNI khususnya Kodim 1617/Jembrana terhadap masyarakat kurang mampu dan sangat butuh bantuan dan uluran tangan di tengah Pandemi COVID-19 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 60 Korem 163/Wira Satya.

"Kemarin saya sudah perintahkan kepada Para Danramil untuk mencari 9 orang Kepala Keluarga (KK) yang memang betul-betul harus kita sentuh yang selama ini mungkin belum pernah mendapat perhatian dari pihak terkait,"tutur Dandim Haruna.

Dandim juga menuturkan selain menyelenggarakan bakti sosial dalam memperingati HUT Ke 60 Korem 163/Wira Satya, Kodim 1617/Jembrana sebelumnya juga telah mengadakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalensen yang melibatkan lintas instansi dan masyarakat umum.

"Semoga bakti sosial yang kita lakukan hari ini bisa menjadi amal ibadah buat kita semua dan dapat membantu saudara-saudara kita saat ini yang mungkin betul-betul sangat membutuhkan bantuan terkait dengan dampak dari Pandemi COVID-19," harap Dandim.

Dandim 1617/Jembrana dalam kegiatan bakti sosial tersebut menyerahkan paket Sembako kepada 9 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 5 Kecamatan. Paket sembako yang diserahkan berupa 1 dus mie instan, 10 Kilogram beras, 2 Kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan sarden, 1 botol kecap manis dan 1 botol sambal. Selain paket Sembako diserahkan pula paket sarana protokol kesehatan berupa 1 botol besar hand sanitizer dan 10 buah masker kain.

“Kita akan terus menebar kebaikan kepada warga masyarakat Jembrana sebagai bentuk kepedulian dan menjawab kepercayaan masyarakat terhadap TNI sebagai Institusi terpercaya di Indonesia," tegas Dandim Haruna. (TRA).

 

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak