SADIA – BISA Sampaikan Visi –Misi Menuju Bangli Era Baru


SADIA – BISA Sampaikan Visi –Misi Menuju Bangli Era Baru

BM-NEWS.COM | BANGLI | Sejak terpilihnya paket calon Bupati dan Wakil Bupati Bangli Periode 2021-2026 Sang Nyoman Sedana Arta, SE. dan I Wayan Diar, S.ST. Par (SADIA – BISA) pada pemilukada Bangli, telah menyapaikan visi-misinya dengan mengadopsi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli, Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana untuk mewujudkan ‘Bangli Era Baru’.

Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan visinya dengan menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bangli beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan KramaBangli yang sejahtera dan bahagia, sekala niskala menuju kehidupan krama dan gumi Bangli sesuai dengan Prinsip Tri Sakti Bung Karno berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi.

“Sedangkan dalam mewujudkan visi tersebut kita tempuh melalui 9 misi pembangunan sesuai filosofi SariningPadmabhuana yang menjadi arah kebijakan pembangunan Bangli sebagai pelaksanaan Pola Pembangunan Semesta Berencana. Misi pertama dengan menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, dan papan dalam jumlah dan kualitas yang memadai bagi kehidupan Krama Bangli, melalui kemandirian pangan, dan mengembangkan pusat ekonomi kerakyatan,”ungkpanya.

Misi kedua selanjutnya, kata Sedana Arta, tentu mengembangkan pelayanan kesehatan masyarakat yang terjangkau, merata, adil dan berkualitas serta didukung dengan pengembangan sistem dan data based riwayat kesehatan bagi seluruh KramaBangli. Misi ketiga memastikan tersedianya pelayanan pendidikan yang terjangkau, merata, adil, dan berkualitas serta mengembangkan sistem pendidikan berbasis keagamaan Hindu dalam bentuk Pasraman di Desa Adat.

“Misi kami ke empat dengan mengembangkan sistem jaminan sosialterpadu, penciptaan lapangan kerja dan perlindungan tenaga kerja bagi seluruh Krama Bangli. Misi kelima memajukan adat, tradisi, seni dan budaya melalui upaya pelestarian, pelindungan serta pembinaan berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai Agama Hindu,”kata Sedana Arta.

Sedangkan kata Sedana Arta lagi, misi yang ke enam, dengan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas, berdaya saing dan berkelanjutan berbasis budaya. Misi ketujuh dengan mengembangkan sistem tata kelola Pemerintahan Daerah berbasis TIK yang efektif, efisien, terbuka, transparan, akuntabel dan bersih serta meningkatkan pelayanan publik terpadu yang cepat, pasti dan murah.

“Untuk misi kedelapn dan kesembilan adalah dengan mewujudkan kehidupan Krama Bangli yang demokratis dan berkeadilan dengan memperkuat budaya hukum, budaya politik dan kesetaraan gender dengan memperhatikan nilai-nilai budaya Bali dan meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terintegrasi untuk mendukung akses dan mutu pelayanan publik,”jelas mantan anggota DPRD Bali ini. (tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak