Info Denpasar Seputar Guru TK , Festival, Ajang 2024, Bsntuan, Parkir dan Jalan Rusak

Sekitar 200 Orang Guru TK  Denpasar Ikuti Outbound Peningkatan Kapasitas

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kota Denpasar, menyelenggarakan kegiatan  peningkatan kapasitas tenaga pendidik, yang dikemas dalam bentuk Outbound, di area  Taman Muntig Siokan, Senin (29/1) pagi. Hadir langsung pada kesempatan itu, Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara. 

Hadir di tengah ratusan Guru PAUD dan TK yang berasal dari lembaga pendidikan se-Kota Denpasar, Bunda 

PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat itu didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Dalam kesempatan itu, Antari Jaya Negara menekankan pula, bahwa 

para tenaga pendidik memiliki tanggungjawab moral dalam rangka meletakkan pondasi yang kuat guna membangun PAUD berkualitas. 

"Terima kasih para Ibu Bapak Guru yang hadir atas semangat untuk mengikuti kegiatan ini. Para Guru adalah salah satu komponen penting dalam upaya mensukseskan transisi PAUD – SD yang menyenangkan," tuturnya. 

Untuk mensukseskan program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, tentu dibutuhkan juga tenaga pendidik yang berkualitas. Karena  dasar kesiapan anak-anak bersekolah di fase selanjutnya berada di tingkatan PAUD. 

"Dalam hal ini, saya selaku Bunda PAUD bersama Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar perlu bergandeng tangan dengan stakeholder terkait, dalam rangka advokasi untuk memastikan semua sudah bergerak sesuai perannya," lanjutnya. 

Ketua IGTKI-PGRI Kota Denpasar, Nyoman Puspitawati menjelaskan, outbond ini sendiri diikuti oleh lebih dari 200 orang tenaga pendidik PAUD dan TK serta Bunda PAUD Kecamatan dan juga Desa/Kelurahan. 

"Ada sekitar 200 lebih peserta yang ikut. Jadi hari ini selain outbond, para guru PAUD TK ini juga kita ajak juga untuk mengikuti lomba kreatifitas," jelasnya. 

Selain sebagai ajang peningkatan kapasitas, kegiatan ini juga ditujukan untuk mengeratkan komunikasi dan koordinasi antara tenaga pendidik di Kota Denpasar.

"Kegiatan Outbound ini  penting, agar guru-guru PAUD dan TK yang ikut serta dapat menyegarkan pikiran, sehingga dapat meningkatkan kapasitas saat mengajar siswa siswinya," imbuh Puspitawati.(Win/tra)

 Menuju Denpasar Berkualitas, Denut Selenggarakan Festival Literasi

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Guna mewujudkan generasi sehat, serta membangun Kota Denpasar yang berkualitas, Kecamatan Denpasar Utara (Denut), menyelenggarakan Festival Literasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini di Kantor Kecamatan Denut, Minggu (28/1) pagi. 

Pelaksanaan Festival Literasi ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, serta juga melibatkan pemahaman, interpretasi, dan aplikasi informasi.

 Bunda PAUD Kecamatan Denut, Ny. Aria Prima Dewi Yusswara menyampaikan, masa pendidikan anak-anak pada usia dini memegang peran penting dalam membentuk karakter dan kemampuan anak-anak. 

 “Melalui kegiatan Festival Literasi, kami berusaha memberikan pemahaman kepada orang tua dan pendidik tentang bagaimana memberikan pendidikan yang berkualitas sejak dini," ujarnya 

Lebih lanjut disampaikannya, terdapat berbagai macam kegiatan dalam festival ini. Antara lain, workshop, diskusi, dan kegiatan interaktif lainnya. Selain itu, ada juga beragam lomba mewarnai, diseminasi Penguatan Pancasila dan Padma Widya serta kegiatan lainnya. 

 Sementara itu, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara menyampaikan dalam merayakan Festival Literasi ini, Kecamatan Denpasar Utara melihat peran penting sekolah dalam hal ini satuan PAUD dan SD, untuk penguatan literasi dan apresiasi Program Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

 “Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah apresiasi bagi sekolah yang telah giat berinovasi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang memadukan pembelajaran dan literasi,” ujar Yusswara. (Tob/tra)

Siswa SMPN 3 dan Mahasiswa Siap Berlaga Ajang Thailand Inventors Day 

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Karya siswa SMPN 3 Denpasar dan Mahasiswa Universitas Warmadewa siap berlaga di ajang Thailand Inventors Day 2024 yang akan berlangsung pada 2-6 Februari mendatang. Hal tersebut dipastikan setelah karya dari enam pelajar SMPN 3 Denpasar dan lima mahasiswa dari Universitas Warmadewa dinyatakan lolos seleksi. 

Demikian diungkapkan perwakilan Siswa SMPN 3 Denpasar serta Mahasiswa Universitas Warmadewa saat beraudiensi bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Kantor Walikota Denpasar, Senin (29/1). Adapun karya yang akan dilombakan yakni sabun bath boom yang terbuat dari ikan kakap putih serta Paving yang terbuat dari campuran jerami dan cangkang keong.

 Dalam kesempatan tersebut, guru pembina dari SMPN 03 Denpasar, I Kadek Giri Nata mengungkapkan persiapan yang dilakukan telah dilakukan sejak bulan November lalu. Adapun persiapan tersebut dilaksanakan dengan riset agar inovasi yang ditampilkan mampu berdaya saing. Dimana, inovasi yang diangkat yakni membuat sabun Bath Boom yang terbuat dari ikan kakap putih atau Barramundi yang tinggi collagen yang sangat bermanfaat untuk kulit. 

“Jadi kita sudah lakukan riset sejak Bulan November lalu, kita beri nama Bala Bomb yang sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat nasional pada event Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA),” ujarnya sembari mohon dukungan untuk mengikuti tahap selanjutnya agar dapat berjalan lancar

Sementara itu salah satu Mahasiswa Universitas Warmadewa yang turut ikut dalam ajang Thailand Inventors Day 2024, Dayu Purnama mengatakan, pihaknya dan teman-temanya akan memaparkan paving yang terbuat dari bahan alami. Hal ini tak lepas dari permasalahan masa kini serta sebagai bentuk inovasi dalam mendukung pembangunan dengan menggunakan bahan alami. 

“Kami telah meneliti bahwa campuran dari sekam padi, jerami dan cangkang keong, dapat digunakan untuk mengganti paving konvensional, dengan cetakan puzzle paving yang kita buat menjadi lebih kuat, ramah lingkungan serta tidak mudah lepas,” kata Dayu Purnama.

Sementara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas capaian siswa dan mahasiswa Denpasar di kancah nasional hingga internasional. Dimana, Pemkot Denpasar akan mendukung penuh serta memfasilitasi kegiatan penelitian yang dilakukan siswa-siswi maupun mahasiswa yang ada di Kota Denpasar. 

“Saya sangat mendukung inovasi yang telah berhasil diciptakan. Serta berharap kedepan tidak hanya terhenti dalam dalam ajang Thailand Inventors Day saja, tetapi dapat terus mengembangkan karya dan inovasinya untuk pembangunan di Kota Denpasar,” harapnya. (Arya/tra)

Ny. Antari  Serahkan Bantuan Kursi Roda Kepada Lansia Di Dua Kecamatan

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Pemerintah Kota Denpasar melalui Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) kembali menyalurkan bantuan kursi roda kepada empat orang warga Kota Denpasar, Senin (29/1) pagi. 

Teks Foto : Ketua KKKS Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua KKKS Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, saat menyerahkan bantuan kursi roda, Senin (29/1) pagi. 

Bantuan kursi roda ini diserahkan langsung Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Wakil Ketua K3S, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, saat melakukan kunjungan langsung kediaman para lanjut usia (lansia). Adapun lokasi kali ini bertempat di Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara. 

Penyerahan bantuan alat kesehatan bagi lansia dan disabilitas ini sendiri telah menjadi agenda rutin K3S Denpasar. Kegiatan ini juga melibatkan peran pihak swasta, perbankan, dan BUMN yang bersinergi dengan Dinas Sosial Kota Denpasar.

Salah satu lansia penerima bantuan, Ni Made Sebro, lansia warga di Banjar Gunung, Desa Penatih Dangin Puri, Denpasar Timur yang pagi itu secara langsung  menerima bantuan kursi roda tak mampu menyembunyikan rasa harunya. Ia mengaku bantuan kursi roda ini akan sangat membantunya untuk melakukan aktifitas di kesehariannya di rumah. 

"Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Saya akan menggunakan kursi roda ini untuk aktifitas sehari-hari. Mudah-mudahan, warga lainnya yang membutuhkan dapat juga menerima bantuan seperti saya," ungkapnya.

Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara di lokasi penyerahan mengemukakan, bantuan alat kesehatan seperti seperti kursi roda manfaat penting bagi lansia dan disabilitas, karena dapat membantu meningkatkan mobilitas serta  memungkinkan mereka bergerak dengan lebih bebas dan mandiri. Bantuan alat kesehatan juga dirasa dapat membantu dalam merawat diri lansia serta mengelola kondisi kesehatan, dan mengikuti perawatan medis dengan lebih baik.

"Dalam pernyerahan bantuan ini disesuaikan dengan kondisi fisik penerima dari lansia dalam meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup, kemandirian, serta membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah," katanya. (ays/tra).

Parkir Sembarangan, Sebanyak 19 Kendaraan Diganjar Penempelan Stiker

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Dinas Perhubungan Kota Denpasar melaksanakan Sidak Lalu Lintas dan Angkutan di kawasan Jalan Cargo hingga Jalan Gajah Mada Kota Denpasar, Senin (29/1). 

Ket foto : Tim Gabungan Dinas Perhubungan Kota Denpasar saat melaksanakan Sidak Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Jalan Cargo hingga Jalan Gajah Mada Denpasar, Senin (29/1).  

Kegiatan rutin untuk mendukung pengawasan dan pengendalian efektifitas pelaksanaan kebijakan lalu lintas dan angkutan jalan ini turut menindak 19 kendaran yang terdiri atas kendaraan roda enam dan roda empat dengan penempelan stiker. 

Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan saat dikonfirmasi menjelaskan, sidak lalu lintas dan angkutan jalan yang dilaksanakan Tim Gabungan Pemkot Denpasar ini merupakan upaya berkelanjutan dalam menjaga ketertiban dan keamanan berlalulintas, khususnya wilayah Cargo yang sering dilalui oleh kendaraan besar. Hal ini guna memastikan pelayanan kawasan pariwisata tetap aman, nyaman, tertib dan selamat.

Lebih lanjut dijelaskan, dari pelaksanaan sidak, pelanggaran didominasi oleh pelanggaran parkir. Kondisi ini jika tidak ditertibkan tentu akan mengganggu pengguna jalan lain, termasuk juga adanya potensi kecelakaan lalu lintas. Sehingga dengan penertiban ini diharapkan kedepanya masyarakat atau pengguna jalan menjadi nyaman saat berkendara.  

“Jadi secara umum dapat kami sampaikan bahwa masih banyak kita temukan kendaraan angkutan barang dan mobil truk besar yang memarkir kendaraannya dipinggir jalan, tentu ini sangat mengganggu pengendara lain, dan sering menjadi penyebab kemacetan, termasuk mengganggu pengguna jalan lain,” ujarnya

Pihaknya juga mengimbau pengendara melengkapi surat-surat baik itu SIM dan STNK. Sehingga perjalanan berkendara menjadi aman, nyaman dan sesuai dengan aturan.

“Melalui penegakan kedisiplanan berlalu lintas di Kota Denpasar kami mengajak seluruh pengendara untuk mengimplementasikan spirit Vasudhaiva Kutumbakam untuk menjaga keindahan kenyamanan Kota Denpasar melalui ketertiban lalu lintas dan angkutan jalan,” harapnya. (AGs/tra).

Sekitar 39,69 KM Jalan Rusak Diperbaiki 2024, Sejak 2021-2023 Tuntas 97,28 KM

DENPASAR ll BM-NEWS.COM l Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melaksanakan pembangunan strategis di Tahun 2024 ini. Dimana, peningkatan infrastruktur jalan kota tetap menjadi program prioritas. Demikian diungkapkan Kadis PUPR Kota Denpasar, AA Ngurah Bagus Airawata didampingi Kabid Bina Marga, Ida Ayu Tri Suci di Denpasar, Senin (29/1).

Lebih lanjut dijelaskan, sejak Tahun 2021 hingga tahun 2023 lalu Pemkot Denpasar telah gencar melaksanakan peningkatan infrastruktur jalan kota. Diketahui sepanjang  97,28 KM jalan kota yang berstatus rusak telah diperbaiki. Bahkan, di tahun 2024 ini akan direalisasikan perbaikan sepanjang 39,69 KM. 

Pada Tahun 2021 telah direalisasikan perbaikan jalan sepanjang 23,36 KM dengan anggaran Rp. 7,9 Miliar lebih. Jumlah ini menyasar Jalan Tregguli. Selanjutnya pada Tahun 2022 telah direalisasikan perbaikan jalan kota sepanjang 33,03 KM dengan anggaran Rp. 23,5 Miliar lebih. Perbaikan dilaksanakan di Jalan Bung Tomo VI, Jalan Gunung Galunggung, Jalan Pertulaka, Jalan Padang Indah dan Purnawira, Jalan A. Yani Selatan, Jalan Maruti, Jalan Sutoyo, Jalan Sedap Malam, Jalan Kapten Agung, Jalan Kapten Regug, Jalan Letda Made Putra dan Jalan Letda Reta serta Jalan Kepundung. 

Serta pada tahun 2023 telah direalisasikan perbaikan jalan kota sepanjang 40,89 KM dengan anggaran Rp. 78,6 Miliar lebih. Dimana perbaikan menyasar Jalan Kawasan LC Pemecutan Kelod, Jalan Gunung Mas, Jalan Gunung Patas, Jalan Kawasan LC Kelurahan Padangsambian, Jalan Pidada, Jalan Sirikaya, Jalan Himalaya II, Jalan Gunung Krakatau, Jalan Gunung Gede, Jalan Mayor Wisnu, Jalan Tukad Pekaseh, Jalan Noja I, Jalan Noja II, Jalan Surabi, Jalan Tukad Batanghari, Jalan Sekar Tunjung, Jalan Nangka, Jalan Gunung Seraya, Jalan Sudirman, Jalan Antasura, Jalan Kapten Japa, Jalan Letda Kajeng dan Jalan Letda Ngurah Putra. 

Sedangkan pada tahun 2024 ini akan direalisasikan perbaikan jalan kota sepanjang 36,69 KM dengan rencana anggaran Rp. 105,7 Miliar lebih. Hal ini terbagi dalam tiga program utama, yakni Rekontruksi Jalan yang akan menyasar ruas Jalan Kenyeri III, Jalan Sari Dana II, Jalan Sari Dana III, Sari Dana IV, Jalan Cargo Taman dan Jalan Cargo Kenanga V. Selain itu, rekontruksi juga menyasar Jalan Cargo Indah IV, Jalan Cargo Indah IV Blok A, Jalan Cargo Indah I dan Jalan Angsoka Cargo Permai I. Selanjutnya Jalan Gunung Sampang, Jalan Pondok Indah, Jalan Kembang Matahari, Jalan Kroya dan Jalan Randu. 

Selanjutnya untuk Rehabilitasi akan menyasar Jalan Tukad Badung, Jalan Malboro, Kawasan Jalan Kertha Dalem, Kawasan Jalan Tukad Pakerisan, Kawasan Jalan Trengguli I, Kawasan Jalan Sekar Tunjung dan Kawasan Jalan Pulau Moyo. Tak hanya itu, beberapa yang akan disentuh rehabilitasi yakn jalan dan pembuatan trotar Jalan Sahadewa, Jalan Gatot Kaca, Jalan Yudistira dan Jalan Kumbakarna. Selanjutnya rehabilitasi jalan dan pembuatan trotoar Jalan Merpati, serta rehabilitasi jalan dan pembuatan trotoar Jalan Griya Anyar. 

Airawata mengatakan, di tahun 2024 ini juga turut direalisasikan Pembangunan Jembatan Tukad Badung menuju setra Desa Adat Pemogan. Hal ini guna memudahkan masyarakat sekitar untuk memperoleh akses saat pelaksanaan upacara pengabenan. Selain itu juga turut dilaksanakan pemeliharaan Jalan Sidakarya dan Jalan Ratna. 

Pihaknya menjelaskan, Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen mennggenjot pembangunan infrastruktur perkotaan. Hal ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama pelayanan kesehatan, pendidikan, pelayanan publik hingga akses jalan yang memadai. Sehingga mampu mememberikan kemudahan dan kemanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat. 

“Tentunya program ini telah dilaksanakan penajaman berdasarkan skala prioritas, sehingga memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dalam mendukung pelayanan dan kelancaran akses jalan, dan untuk peningkatan infrastruktur jalan merupakan program prioritas tahunan, relisasi akan dilaksanakan secara bertahap dengan memperhatikan skala prioritas,” ujar Airawata. (AGs/tra).

0 Comments

Leave a comment

Kode Acak